androidvodic.com

Asal Main Sesuai Takaran, Ini 5 Manfaat Game Online yang Perlu Diketahui - News

News - Tak dipungkiri, game online menjadi salah satu permainan favorit di segala kalangan usia. Hanya bermodalkan ponsel saja, game online bisa dimainkan di manapun kita berada. Belum lagi, banyak turnamen game online dengan berbagai penawaran hadiah menarik yang menggiurkan.

Namun, game online juga kerap dipandang negatif oleh sebagian orang. Kecanduan bermain game online dapat merusak kesehatan mental, perubahan perilaku, hingga sosial.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2023, rentang usia masyarakat Indonesia yang kecanduan game online antara lain untuk anak-anak usia 0-18 tahun sebesar 46,2 persen. Sementara anak muda usia 18-25 tahun sebesar 38,5 persen dan di atas 25 tahun sebesar 15,3 persen.

Namun di samping itu, bermain game online tidak melulu membawa dampak negatif. Game online juga memiliki banyak manfaat, asal dimainkan sesuai dengan takaran. Berikut ini deretan manfaat bermain game online yang perlu diketahui, seperti dikutip dari berbagai sumber, Jumat (10/5/2024).

1. Menghilangkan stres

Bermain game online menjadi pilihan yang tepat bagi sebagian orang setelah seharian penuh berkegiatan. Setuju atau tidak, bermain game online dapat menurunkan tingkat stres. Bermain game online berpotensi menekan darah tinggi yang dapat berbahaya bagi kesehatan.

Mengutip dari laman WebMD, Video game juga dapat membantu seseorang menghadapi gangguan mental seperti kecemasan, depresi, gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif (ADHD) , dan gangguan stres pasca-trauma (PTSD).

2. Kemampuan memecahkan masalah

Dalam game online, biasanya kita dilibatkan dalam permainan seperti memecahkan teka-teki, mengambil keputusan, merencanakan strategi untuk menang, hingga mengasah keterampilan dalam memecahkan masalah.

Mengutip dari laman firstmedia, sebuah riset tahun 2013 menyebutkan, anak-anak yang bermain jenis permainan berbasis strategi bisa menunjukkan peningkatan keterampilan problem solving dan oleh karena itu, mereka cenderung mendapatkan nilai yang lebih baik.

3. Meningkatkan fokus

Seperti dalam game PUBG, jenis permainan ini membutuhkan fokus yang lebih tinggi. Para gamers akan sangat fokus dalam pertandingannya, sebab jika lengah sedikit, akan kalah atau mati. Fokus yang bertahan hingga berjam-jam, secara tidak langsung berpengaruh terhadap kemampuan fokus di kehidupan sehari-hari.

4. Interaksi dan kolaborasi sosial

Bermain game online bisa menjadi aktivitas sosial, bukan aktivitas yang menyendiri. Banyak game online kini menawarkan fitur multipemain yang memungkinkan pemain terhubung dengan orang lain dari seluruh dunia. Hal ini mendorong interaksi sosial dan kolaborasi ketika para pemain bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama atau bersaing satu sama lain.

Bergabung dengan komunitas game online juga dapat memberikan rasa memiliki dan persahabatan. Pemain dapat menjalin pertemanan, bergabung dengan tim atau guild, dan berpartisipasi dalam aktivitas kelompok dalam game. Interaksi ini tidak hanya meningkatkan keterampilan sosial tetapi juga berkontribusi dalam membangun jaringan yang mendukung.

5. Mengembangkan keterampilan

Game online seringkali mengharuskan pemainnya untuk mengembangkan dan meningkatkan keterampilan khusus agar berhasil. Misalnya, permainan aksi dapat meningkatkan koordinasi dan refleks tangan-mata, sementara permainan strategi meningkatkan kemampuan berpikir analitis dan pengambilan keputusan.

Selain itu, banyak game online menawarkan sistem perkembangan di mana pemain dapat naik level atau membuka kemampuan baru. Hal ini memotivasi pemain untuk berusaha mencapai kemajuan, menetapkan tujuan, dan berupaya mencapainya.

Itu dia deretan manfaat dari sebuah game online, yang tidak melulu memberikan dampak negatif asalkan dimainkan sesuai dengan takaran atau porsinya.

Terkini Lainnya

  • Bermain game online tidak melulu membawa dampak negatif. Game online juga memiliki banyak manfaat, asal dimainkan sesuai dengan takaran.

  • 5 Daerah di Indonesia dengan Tradisi Uniknya Menyambut Bulan Suci Ramadan

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat