androidvodic.com

Negara Ini Memiliki Tarif Listrik Termahal di Dunia, Lebih dari Rp10.000 per KWh - News

Peter Bae bekerja di bidang keuangan. Gajinya lumayan, di atas rata-rata penghasilan penduduk Kepulauan Solomon.

Namun, anak-anaknya kadang terpaksa mengerjakan tugas-tugas sekolah dalam kegelapan di rumah mereka di pinggiran Kota Honiara.

"Mereka jadi kesal," ujar Peter kepada ABC News. "Mereka menangis kalau sudah gelap dan listrik rumah kami tidak menyala."

Peter tidak mampu berlangganan jaringan listrik utama negara. Sebaliknya, keluarga hanya mengandalkan panel surya untuk mengisi baterai dan kebutuhan daya lainnya.

Saat cuaca buruk — yang sering terjadi — pasokan listrik mereka tidak memadai dan terpaksa membayar ke tetangga untuk mengisi baterai ponsel.

"Kondisi seperti ini memengaruhi kegiatan belajar anak-anak kami, terutama menjelang ujian," ujarnya.

Faktor penyebabnya

Kepulauan Solomon saat ini tercatat sebagai negara dengan tarif listrik termahal di dunia, berada di atas negara Pasifik lainnya, Vanuatu dan Kepulauan Cook.

Penelitian yang dirilis pada Desember 2021 menganalisis 230 negara dan menemukan rata-rata biaya listrik di Kepulauan Solomon A$1,03 (sekitar Rp10.000) per KWh.

Listrik termurah di dunia ada di Libya dengan biaya $0,01 sen per KWh. Sedangkan tarif listrik di Australia adalah 26 sen (sekitar Rp2.600) per KWh.

Menurut Martin Sam, Dirut Solomon Power, sangat sulit menyebutkan penyebab tingginya harga listrik ini.

Dia menyebut faktor geografi negara itu, dengan populasi 700.000 yang tersebar di ratusan pulau, adalah salah satu penyebabnya.

Faktor lainnya adalah sumber listrik. "Sebanyak 98 persen pembangkit listrik berasal dari diesel," jelas Martin.

"Itulah penyebab utama mahalnya harga listrik di negara ini."

Seperti di abad kegelapan

Selain faktor biaya, hanya sekitar 15 hingga 20 persen penduduk Kepulauan Solomon yang memiliki akses ke energi listrik.

Terkini Lainnya

  • Faktor penyebabnya

  • Seperti di abad kegelapan

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat