androidvodic.com

Dunia Hari Ini : Departemen Kesehatan Taiwan Temukan Bahan Berbahaya dalam Produk Indomie - News

Selamat Hari Kamis! Tidak terasa, kita sudah mendekat lagi ke akhir pekan. Semoga kita semua sehat, semangat, dan lebih refreshed setelah libur lebaran kemarin ya.

Untuk menemani hari sekaligus untuk memenuhi asupan informasi Anda, kami hadirkan Dunia Hari Ini, yang berisi sejumlah peristiwa pilihan dari beberapa negara yang terjadi dalam 24 jam terakhir.

Kita awali berita yang pertama dari Taiwan.

Taiwan temukan zat berbahaya dalam Indomie

Dalam pernyataannya, Departemen Kesehatan Taiwan di ibu kota Taipei menyebutkan "Ah Lai White Curry Noodles" dari  Malaysia dan  "Indomie: Special Chicken Flavour" dari Indonesia mengandung etilene oksida, dua senyawa kimia yang sering dihubungkan dengan kanker lymphoma dan leukemia.

Zat tersebut ditemukan dalam bumbu Indomie, sementara dalam produk Malaysia zat berbahaya itu terdeteksi di baik mi instan maupun bumbunya.

Menanggapi temuan Departemen Kesehatan Taiwan, GM Corporate Relation PT Indofood Sukses Makmur, Stefanus Indrayana menyatakan pihaknya masih terus mempelajari temuan itu sebelum menanggapi secara resmi. Namun, secara terpisah Direktur PT Indofood, Fransiscus Welirang menyebut pihaknya selalu mematuhi persyaratan yang berlaku.

 "Pada prinsipnya kita mengikuti prasyarat dan ketentuan BPOM dan juga standar badan kesehatan negara pengimpor," ujar Franciscus Welirang.

Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi, meminta BPOM melakukan audit dan investigasi untuk mengetahui apakah kontaminasi zat berbahaya tersebut terjadi sejak awal produksi atau saat proses ekspor.

Malaysia juga dilaporkan telah mengikuti langkah Taiwan menarik produk Indomie Rasa Ayam Spesial dari pasar setelah temuan zat pemicu kanker itu. 

Paus berikan hak suara untuk perempuan

Pimpinan gereja Katolik tertinggi di dunia, Paus Fransiskus, membuat keputusan penting dengan memberikan hak kepada perempuan memberikan suara dalam pertemuan Sinode Para Uskup.

Dalam tradisi Katolik, para uskup yang semuanya pria bertemu secara teratur di Vatikan untuk memutuskan berbagai hal.

Sudah lama muncul desakan agar perempuan punya kesempatan memberikan suara dalam proses pengambilan keputusan tersebut, dan sekarang lima suster serta lima orang pastor akan bergabung sebagai perwakilan dari ordo keagamaan untuk ikut duduk dalam Sinode.

Selain itu, Paus akan mengangkat 70 anggota sinode yang bukan uskup, dan mengharuskan setengahnya adalah perempuan yang berhak memberikan suara.

Situasi keamanan di Haiti memburuk 

Polisi di Haiti, salah satu negara di kawasan Amerika Tengah, mengatakan belasan orang di ibu kota Port-au-Prince yang diduga anggota kelompok geng diserang oleh warga sebelum dibakar.

Terkini Lainnya

  • Taiwan menemukan bahan berbahaya pemicu kanker dalam produk Indomie yang beredar di sana. Informasi ini bersama dengan kebijakan…

  • Taiwan temukan zat berbahaya dalam Indomie

  • Paus berikan hak suara untuk perempuan

  • Situasi keamanan di Haiti memburuk 

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat