androidvodic.com

Dunia Hari Ini: Evakuasi Warga Gaza ke Mesir Berhenti karena Serangan Israel - News

Anda sedang membaca Dunia Hari Ini, edisi Senin 6 November 2023.

Berita utama kita hari ini masih difokuskan pada perang Israel di Jalur Gaza.

Evakuasi warga Gaza Mesir ditangguhkan 

Evakuasi warga yang terluka, termasuk warga negara asing, dari Jalur Gaza ke Mesir terhenti sejak serangan mematikan Israel terhadap ambulans, Sabtu kemarin.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menegaskan kembali penolakannya terhadap gencatan senjata di Gaza, dengan mengatakan: "Tidak akan ada gencatan senjata tanpa kembalinya sandera kami."

Lebih dari 200 orang disandera dalam serangan Hamas pada 7 Oktober yang menewaskan sekitar 1.400 orang, menurut pihak berwenang Israel.

Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza memperkirakan 9.770 warga Palestina tewas, hampir setengahnya adalah anak-anak.

Israel menyerang dua kamp pengungsi

Pesawat-pesawat tempur Israel menyerang dua kamp pengungsi, menewaskan sedikitnya 53 orang dan melukai puluhan lainnya, menurut kementerian kesehatan Palestina di Gaza.

Di kamp pengungsi Maghazi di Gaza, warga terus mencari mayat atau orang yang selamat.

"Sepanjang malam saya dan orang-orang lainnya berusaha mengambil korban tewas dari reruntuhan. Kami mendapatkan anak-anak, terpotong, dagingnya tercabik-cabik," kata Saeed al-Nejma, warga Gaza berusia 53 tahun.

Kamp tersebut diserang semalam, menewaskan sedikitnya 45 orang, kata pejabat kesehatan.

Desakan untuk Amerika Serikat untuk lakukan 'gencatan senjata segera'

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Tepi Barat, dalam kunjungan mendadak setelah Antony bertemu dengan rekan-rekannya dari Yordania, Qatar, Mesir, dan Arab lainnya dalam beberapa hari terakhir.

Otoritas Palestina yang dipimpin Presiden Abbas menjalankan pemerintahan sendiri secara terbatas di Tepi Barat yang diduduki Israel dan belum menjadi bagian dari Gaza sejak Hamas mengambil alih wilayah tersebut pada tahun 2007.

"Kami meminta Anda segera menghentikan mereka melakukan kejahatan ini," kata Presiden Abbas kepada Blinken, seperti dikutip kantor berita Palestina WAFA.

"Tidak ada kata-kata yang bisa menggambarkan genosida dan kehancuran yang dialami rakyat Palestina di Gaza akibat mesin perang Israel, tanpa memperhatikan aturan hukum internasional."

'Hentikan atas nama Tuhan'

Minggu kemarin, Paus Fransiskus mendesak agar menghentikan konflik di Gaza, menyerukan bantuan kemanusiaan, termasuk bagi mereka yang terluka.

"Saya terus memikirkan situasi serius di Palestina dan Israel di mana banyak orang kehilangan nyawa mereka," katanya ketika berbicara di Lapangan Santo Petrus setelah doa Angelus mingguannya.

"Saya berdoa agar Anda hentikan atas nama Tuhan, hentikan serangannya."

"Saya berharap semua upaya dilakukan untuk menghindari konflik meluas, agar korban luka bisa diselamatkan dan bantuan bisa sampai ke masyarakat Gaza, di mana situasi kemanusiaan sangat buruk," kata Paus.

Terkini Lainnya

  • Evakuasi warga Gaza ke Mesir berhenti sejak serangan mematikan Israel di akhir pekan kemarin. Israel masih belum mau menghentikan…

  • Dunia Hari Ini: Kasus Pneumonia Misterius pada Anak di Belanda Melonjak

  • Evakuasi warga Gaza Mesir ditangguhkan 

  • Israel menyerang dua kamp pengungsi

  • Desakan untuk Amerika Serikat untuk lakukan 'gencatan senjata segera'

  • 'Hentikan atas nama Tuhan'

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat