androidvodic.com

Ical Turun dan Chairul Tanjung Melejit di Daftar Terkaya - News

News, JAKARTA - Majalah Forbes Rabu (23/11/2011) mengumumkan konglomerat perusahaan rokok Grup Djarum, kakak beradik Budi & Michael Hartono masih bertengger di peringkat teratas. Inilah daftar 40 orang terkaya Indonesia tahun 2011.

Di antara sederet nama orang terkaya tersebut, nama pengusaha dan kandidat presiden 2014, Aburizal Bakrie terlempar dari daftar 40 orang terkaya. Forbes mengungkapkan melorotnya harta kekayaan Ical, sapaan Aburizal Bakrie, karena hasil penjualan setengah sahamnya pada perusahaan tambang batubara Bumi Resources digunakan untuk membayar utang.

"Harta kekayaan (Ical) turun hingga 1,2 miliar dolar AS miliar dolar AS atau 57 persen," demikian dirilis Majalah Forbes. Ranking Ical yang sebelumnya menduduki posisi ke-10 orang terkaya terdampar ke posisi ke-30 jajaran orang terkaya di Indonesia.

Sebelumnya, versi Forbes 2010, pengusaha Aburizal Bakrie menempati posisi 10 dengan kekayaan 2,1 miliar dolar AS. Baik juga bila dibandingkan daftar orang terkaya dan jumlah kekayaannya versi 2010 dengan 2011. Beberapa tahun lalu, Ical bahkan orang pribumi terkaya Indonesia.

Berbeda dari Ical, satu dari sekian pengusaha fenomenal itu adalah Chairul Tanjung. Ia satu dari sedikit pengusaha pribumi yang masuk jajaran triliunan itu. 40 daftar orang terkaya di Indonesia.

Chairul Tanjung masuk dalam urusan ke-11 orang terkaya di Indonesia versi Majalah Forbes yang bermarkas di New York, Amerika Serikat, terbit pekan ini. CT, demikain sapaan Chairul, bos Para Group, antara lain mengelola Bank Mega, Tans TV, Trans7 dan detik.com. Lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Univesitas Indonesia itu, menjabat Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) pada pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono.

Kekayaan CT  menurut Forbes meningkat tajam dalam tiga tahun terakhir. Tahun ini, hartanya sebesar 2,1 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 18,9 triliun. Kenaikan ini mendongkraknya ke posisi ke-l1 orang terkaya di Indonesia. Tahun 2010, hartanya baru sekitar Rp 9 triliun mendudukannya posisi 934 orang terkaya di dunia, tahun 2009 sekitar Rp 8,9 triliun (nomor 13 orang terkaya Indonesia), dan tahun 2008 dengan harta sekitar Rp 5,6 triliun (rangking 13 orang terkaya Indonesia).

Kolega Chairul Tanjung, Ishadi SK, komisaris Trans Corp memuji kehebatannya dalam berbisnis. "Dia pebisnis hebat," kata Ishadi yang mengaku sedang berada di Jepang saat berbincang melalui telepon dengan News, Kamis (24/11/2011) malam.

Dalam segala hal, mengelola keuangan dan menaikkan pendapatan dia hebat. Hal ini bersamaan dengan kondisi Indonesia secara ekonomi sedang dalam keadaan luar biasa. "Dia pebisnis unggul dan jujur," kata Ishadi, mantan Direktur Utama Trans TV dan mantan Direktur Utama TVRI.

Menurut Ishadi, CT pun piawai membangun kerja sama tim, memacu motivasi karyawan agar bekerja luar bisa. "Itu keistimewaan Pak CT, tahu persis memotivasi karyawan, dan memaksa karyawan bekerja keras, dan tahu batas kekuatan karyawan. Dan dia turun langsung ke lapangan sampai soal yang sangat detail sekali. Dia bersama karyawan sampai pekerjaan benar-benar selesai," kata dia.

CT, pendiri dan Presiden Direktur Para Group, satu perusahaan cikal bakal Sony Corporation, tapi dimiliki Samsung. Para Group mempunyai beberapa unit usaha, yaitu Mega Corpora yang bergerak di bidang perbankan, asuransi, sekuritas, pembiayaan dengan induk Bank Mega dan Bank Mega Syariah. Unit usaha lainnya, Trans Corpora yang mengelola media televisi dan fashion. Perusahaan ini mengelola Trans TV, Trans7 dan media online Detik.  

PT Mahagaya Perdana merupakan perusahaan pemegang lisensi fashion terkenal dunia seperti Prada, Miu Miu, Tod's, Aigner, Brioni, Celio, Hugo Boss, Francesco Biasia, Jimmy Choo, Canali, Mango. Kemudian PT Trans F&B membawahkan usaha restoran waralaba The Coffee Bean & Tea Leaf, Baskin Robbins.

Para Group merambah bidang properti, pusat perbelanjaan dan arena bermain seperti Bandung Supermal, Batam Indah Investindo, Mega Indah Propertindo, Para Bali Propertindo, Trans Studio Resort Makassar da, Trans Studio Bandung.

Para terjun juga ke bisnis ritel dengan membeli 40 persen saham Carrefour, yang memosisikannya sebagai pemegang saham tersebsar di perusahaan ritel asal Prancis itu. Lainnya lagi, masih ada beberapa perusahaan di bisang sumber daya alam, energi dan perkebunan antara lain tersebar di Kalimantan melalui PT CT Global Resources, PT Para Inti Energy, PT Kaltim CT Agro, PT Kalbar CT Agro, PT Kalteng CT Agro, PT Arah Tumata, PT Wahana Kutai Kencana. Penggunaan CT merupakan singkatan dari namanya, Chairul Tanjung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat