androidvodic.com

Perbankan Diminta Beri Bunga Ringan Pembiayaan Infrastruktur - News

News, JAKARTA - Perbankan diminta memberikan bunga rendah untuk pembiayaan infrastruktur. Jangan menggunakan bunga pasar.

Sebaiknya pembiayaan infrastruktur menggunakan  dana panjang seperti obligasi karena bunganya murah. Bukan dari pinjaman perbankan.

"Kalau kita bangun infrastruktur dengan cepat, ya bunganya jangan menggunakan bunga pasar. Jika bunga pasar siapa yang akan menanggung," kata  Direktur Direktorat Penelitian dan Pengaturan Perbankan Bank Indonesia, Mulya Siregar, di Jakarta, Selasa (19/6/2012).

Namun, yang menjadi pertanyaan selanjutnya apakah obligasi tersebut terserap atau tidak? Untuk itu, penting jaminan proyek infrastruktur dari pemerintah.

Penyaluran kredit infrastruktur pada 2011 mencapai Rp102,9 triliun. Dari komitmen itu, angka pencairannya sebesar Rp19,2 triliun.

Mulia menjelaskan, untuk kredit sektor pengairan angka pencairannya hanya 12,5 persen. Sementara itu, sektor transportasi hanya 36 persen. "Yang paling tinggi sektor jalan tol mencapai 100 persen," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat