androidvodic.com

Rizal Ramli: Paket Kebijakan Ekonomi ke III Semakin Fokus untuk Rakyat - News

News, JAKARTA - Menko Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli memberi apresiasinya terhadap paket kebijakan ekonomi jilid III.

Menurut Rizal, dengan adanya paket kebijakan yang dikeluarkan Presiden Joko Widodo secara bertahap ini bisa lebih terasa manfaatnya bagi rakyat Indonesia.

"Paket-paket ini semakin lama semakin tajam, semakin fokus dan makin ada dampaknya untuk rakyat," kata Rizal usai memberikan orasi ilmiah dies natalis 57 Universitas Jayabaya di Balai Prajurit, Tebet, Jakarta, Kamis (8/10/2015)

Menurut Rizal, meski masih banyak yang kontra terhadap paket kebijakan ekonomi itu, tapi menurutnya kebijakan yang ke-III ini tidak hanya dinikmati para pengusaha semata.

"Memang mungkin besarnya bisa diperdebatkan, nilainya bisa diperdebatkan. Tapi yang penting sudah ada niat agar rakyat juga merasakan. Jangan hanya paket untuk pengusaha doang. Dengan penurunan (paket kebijakan ekonomi) ini bisa membantu. Memang tidak sebesar yang diharapkan. Mudah-mudahan tahap berikutnya ada manfaat yang lebih besar untuk rakyat," ujarnya.

Untuk diketahui, paket kebijakan ekonomi III dikeluarkan guna melengkapi dua paket kebijakan ekonomi yang sudah dilansir Presiden Joko Widodo pada September 2015 lalu.

Melalui dua paket kebijakan terdahulu, pemerintah melakukan berbagai deregulasi untuk memperbaiki iklim usaha dan mempermudah perizinan usaha.

Kemudian, paket kebijakan ekonomi tahap III mencakup tiga wilayah kebijakan, diantaranya yaitu soal penurunan tarif listrik dan harga BBM serta gas, perluasan penerima kredit usaha rakyat (KUR), dan penyederhanaan izin pertanahan untuk kegiatan penanaman modal.‎

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat