androidvodic.com

Indonesia Buka Akses Pasarkan Kopi ke Korsel - News

News, JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM melakukan sinergi inovasi produksi dan pemasaran UMKM dengan Korea Selatan.

Pasalnya negara dengan ekonomi kreatif yang maju itu merupakan salah satu partner dagang terbesar dan investor terbesar ketiga untuk Indonesia.

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop UKM I Wayan Dipta menjelaskan sinergi dengan Korea merupakan kesempatan potensial bagi kedua negara. Karena tujuan utamanya untuk meningkatkan kerjasama, serta mencari area potensial untuk meningkatkan ekonomi kedua Negara.

“Di bulan ini (November) ada tiga kegiatan yang bersinergi dengan Korea guna meningkatkan kualitas produksi dan produktivitas, serta perluasan jangkauan pemasaran produk KUMKM,” ujar I Wayan Dipta, Kamis (9/11/2017) .

Salah satu sinerginya terkait promosi bisnis Koperasi Kopi Indonesia melalui Café Show tanggal 9-12 November 2017 di COEX Seoul Korea. Acara ini merupakan indak lanjut dari MoU Menkop dan UKM Puspayoga dengan SMBA Korea yang ditandatangani Juni 2016 di New York.

"Bidang kerjasama dukungan kemudahan akses pasar produk kopi Indonesia masuk Korea," ujar Wayan.

Dalam hal ini Ministry of SMEs and Startups Korea bersama SBC (Small and medium Business Corporation) memfasilitasi 4 Koperasi Kopi untuk mengikuti pameran internasional terbesar untuk Café dan produk terkait yaitu Café Show pada tanggal 9-12 November 2017 di COEX Seoul Korea.

Disamping bertemu dengan buyer pada event tersebut, SBC juga telah menyebarluaskan informasi peserta Café Show dari Indonesia dan dijadwalkan business matching pada tanggal 9-10 November 2017. Lahan Paviliun Indonesia pada Café Show merupakan kerjasama dengan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, KBRI di Seoul serta KJRI di Busan.

Selain 4 Koperasi Kopi dukungan Kementerian Koperasi dan UKM RI dan SBC, 8 pengusaha kopi serta produk pendukung seperti gula aren dan mesin pengolah kopi juga akan diikutsertakan dalam business matching oleh SBC.

Pada kesempatan kali ini Indonesia akan mempromosikan 2 jenis kopi yaitu Kopi Arabica Gayo yang telah menjadi pemasok Starbucks serta Kopi Manglayang Jawa Barat. Koperasi yang ikut pada Café Show 2017 adalah, KBQ Baburayyan (Kopi Gayo dan Kopi Luwak Liar Gayo), Kenred Coffee (Kopi Arabica Gayo) , Kelompok Petani Kopi Manglayang (Manglayang Single Origin)
dan Koperasi Produsen Arisarina (Kopi Arabica Gayo).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat