androidvodic.com

Tak hanya Indonesia, India Alami Krisis Keuangan Hingga Rupee Tembus Angka Terburuknya - News

News - Pelemahan nilai tukar mata uang ternyata tak dialami oleh Indonesia saja.

India ternyata juga mengalami masalah serupa beberapa hari terakhir ini.

Pada hari Kamis ini (6/9/2018), nilai tukar mata uang India \menembus angka 72 rupee per dolar AS.

Angka ini memperpanjang rentetan kekalahan di pasar-pasar negara berkembang beberapa waktu ini yang membuat investor gelisah.

Dilansir Tribunwow.com dari Times of India, mata uang rupee mengalami penurunan 37 paise lebih rendah menjadi 72,12 rupee terhadap dolar dalam sesi perdagangan sore ini.

Sebelumnya pada hari ini, mata uang rupee sempat naik 9 paise menjadi 71,66 terhadap dolar pada penjualan baru mata uang AS oleh eksportir dan bank.

Angka 72,12 rupee ini pun menjadi capaian titik terendah di India setelah Rabu kemarin sempat menginjak 71,97  sebelum ditutup pada penutupan terendah 71,75.

Terkait krisis ekonomi ini sendiri, Menteri Keuangan Arun Jaitley mengaitkan fenomena jatuhnya rupee dengan faktor global yang tengah terjadi.

Beberapa waktu ini permintaan yang kuat untuk mata uang Amerika dari importir di beberapa negara berkembang serta kenaikan harga minyak mentah membuat banyak mata uang domestik di beberapa wilayah tertekan.

Meski begitu, Arun menekankan bahwa pergerakan unit domestik rupee saat ini jauh lebih baik dibandingkan dengan mata uang lainnya yang juga tengah mengalami krisis.

Halaman Selengkapnya >

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat