androidvodic.com

TaniGroup dan IPB Kerja Sama Bangun Pertanian di Indonesia - News

Laporan wartawan Tribun Deodatus Pradipto

News, BOGOR - Agritech startup TaniGroup yang menaungi e-commerce platform pertanian TaniHub dan penyedia layanan peer-to-peer lending TaniFund menandatangani nota kesepahaman dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) di Kampus IPB Dramaga, Jumat (16/8/2019).

TaniGroup dan Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerja sama untuk membangun sektor pertanian di Indonesia.

Penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan oleh CEO dan Co-Founder TaniGroup Ivan Arie Sustiawan dan Rektor IPB Dr. Arif Satria, SP, M.Si di Auditorium Andi Hakim Nasution.

TaniGroup melihat kolaborasi dengan institusi pendidikan penting untuk dilakukan.

Bagi mereka pemecahan terhadap permasalahan di sektor pertanian Indonesia sangat mendesak.

"Ini jadi bukti komitmen kami untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam mendukung pertanian Indonesia," ujar Ivan setelah penandatanganan nota kesepahaman tersebut.

Ivan menuturkan TaniHub dan TaniFund berawal dari semangat Agriculture for Everyone.

TaniGroup memiliki sebuah visi untuk membuka akses seluas-luasnya bagi petani dan masyarakat umum untuk bahu-membahu meningkatkan kesejahteraan bersama dan menciptakan masa depan yang lebih baik.

“Kolaborasi dengan banyak pihak sangat penting karena kami tidak mungkin berupaya sendiri," kata Ivan.

TaniGroup melihat Institut Pertanian Bogor (IPB) memiliki peran yang sangat strategis melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi serta penciptaan sumber daya manusia untuk sektor pertanian.

Ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk memecahkan masalah ketidaksesuaian antara SDM yang diciptakan di dunia pendidikan dan tenaga kerja yang memiliki kualifikasi sesuai kebutuhan industri.

Agritech startup TaniGroup yang menaungi e-commerce platform pertanian TaniHub dan penyedia layanan peer-to-peer lending TaniFund
menandatangani nota kesepahaman dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) di Kampus IPB Dramaga, Jumat (16/8/2019).
TaniGroup dan Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerja sama untuk membangun sektor pertanian di Indonesia. 
Penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan oleh CEO dan Co-Founder TaniGroup Ivan Arie Sustiawan (kanan) dan Rektor IPB Dr. Arif Satria, SP, M.Si (kiri) di Auditorium Andi Hakim Nasution.
Agritech startup TaniGroup yang menaungi e-commerce platform pertanian TaniHub dan penyedia layanan peer-to-peer lending TaniFund menandatangani nota kesepahaman dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) di Kampus IPB Dramaga, Jumat (16/8/2019). TaniGroup dan Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerja sama untuk membangun sektor pertanian di Indonesia. Penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan oleh CEO dan Co-Founder TaniGroup Ivan Arie Sustiawan (kanan) dan Rektor IPB Dr. Arif Satria, SP, M.Si (kiri) di Auditorium Andi Hakim Nasution. (TaniGroup/Bhisma Adinaya)

Arif Satria mengatakan para era revolusi industri 4.0 yang penuh ketidakpastian, kolaborasi menjadi jawaban bagi setiap organisasi untuk bergerak lincah menghadapi berbagai tantangan.

Sebagai institusi pendidikan, IPB berusaha berkolaborasi dengan para pelaku industri, termasuk perusahaan rintisan seperti TaniGroup untuk menghadirkan teknologi 4.0 ke sektor pertanian.

TaniGroup berharap kerja sama mereka dengan IPB dapat berbuah konkret melalui kerja sama-kerja sama lain di masa depan.

Ke depan, kerja sama antara TaniGroup dan IPB tidak terbatas pada bidang penelitian, pengembangan data dan sumber daya manusia.

Contohnya adalah sumber daya manusia yang ahli dalam pengelolaan tanah dan tanaman dapat berperan signifikan dalam memperbaiki kualitas hasil panen.

Tujuannya adalah para petani dapat memenuhi kebutuhan pasar yang meningkat.

"Kami ingin menciptakan dampak sosial yang termasuk pilar TaniGroup. Itulah sebabnya kami bekerja sama dengan berbagai pihak untuk membantu meningkatkan kapasitas kami," kata Ivan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat