androidvodic.com

Riset: Agen BRIlink Masih Jadi Duta Inklusi dan Literasi Keuangan - News

News, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk meyakini produk layanan keuangan tanpa kantor (nirkantor) tetap mampu berprospek saat era digitalisasi marak menjamur.

Hal ini ditegaskan Kepala Desk Jaringan BRIlink Agus Suprapto bahwa masih banyak masyarakat yang belum bisa melakukan layanan dari bank.

“Ternyata kurang dari 50 persen masyarakat kita masih belum memegang (keuangan digital) itu. Kalau begitu berarti tugas kita untuk inklusi dan literasi keuangan masih terbuka lebar,” kata Agus usai agenda riset yang dilakukan tim peneliti departemen manajemen di Kampus FEB UI, Jakarta, Kamis (29/8/2019).

Menurutnya agen BRIlink yang berjumlah 374.829 orang (data Agustus 2019), tak hanya fokus menjangkau masyarakat yang tinggal di daerah remote, pulau, perbatasan.

Karena masyarakat perkotaan seperti di Jakarta saja masih banyak yang mengandalkan BRIlink sebagai alat transaksi.

Produk ini memungkinkan masyarakat mengakses berbagai layanan keuangan mulai dari setoran tunai, tarik tunai, transfer uang, isi ulang pulsa, dan mendaftar layanan mobile banking tanpa harus datang ke ATM atau kantor BRI terdekat.

“Di Jakarta kalau ingin ke bank atau ATM harus macet-macetan, belum lagi bayar parkir, kerumitan waktu, mereka banyak yang pilih ke agen. Sekarang pun cenderung mereka bayar transaksi e-commerce via BRIlink. Saya ada laporan di Jakarta ada agen kami bisa layani 300 transaksi per hari,” ujarnya.

Dari hasil riset yang dilakukan tim peneliti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia mayoritas responden masyarakat sebelum melalui agen BRIlink belum pernah menggunakan layanan keuangan untuk transaksi.

“Jenis layanan agen BRIlink yang paling banyak digunakan adalah untuk transfer antar/sesama bank, namun untuk daerah luar jawa paling banyak digunakan untuk setor tunai,” kata peneliti Arief Wibisoni Lubis.

Adapun tiga faktor yang membuat nasabah bersedia menggunakan layanan BRIlink adalah lokasi yang dekat dari tempat rumah/tempat usaha nasabah, kenal baik dengan agen BRIlink dan percaya dengan reputasi Bank BRI.

“Responden juga menilai jawaban agen BRIlink dapat menyelesaikan permasalahan nasabah terkait jasa keuangan,” paparnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat