androidvodic.com

PGN Incar Penambahan Pelanggan di Segmen Industri Komersial - News

Laporan Wartawan News, Reynas Abdila

News, JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menargetkan pada semester I-2021 dapat menambah pelanggan sektor industri komersial di wilayah Jakarta, Tangerang, Bekasi, Cilegon, Surabaya, Batam, dan Dumai.

Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama menambahkan, ekspansi pemanfaatan gas bumi untuk industri umum termasuk dalam program strategis Subholding Gas Sapta PGN yang mulai digerakkan tahun 2021 ini. 

Dia mengatakan, penyediaan gas bumi untuk sektor industri umum akan dioptimumkan melalui infrastrukur pipa maupun non pipa.

Sepanjang 2020, PGN menambah 85 pelanggan baru kawasan industri dengan total volume lebih kurang 16,8 BBTUD dan 217 pelanggan kecil di 18 wilayah. 

Pelanggan industri baru tersebut bergerak di berbagai sektor seperti logam dasar, logam fabrikasi, keramik, makanan, kimia, tekstil, kertas, kayu, dan lain-lain.

Baca juga: Soal Sengketa Pajak PGN, Ini Kata Pengamat Perpajakan

Sedangkan pelanggan kecil didominikasi oleh UMKM, rumah makan, dan cafe.

“Potensi pemanfaatan gas bumi masih luas di berbagai wilayah, sehingga hal ini mendorong Subholding Gas untuk pemanfaatan gas bumi secara masif dan terus-menerus di skala nasional,” kata Rachmat kepada wartawan, Rabu (27/1/2021).

Baca juga: PGN Kalah Sengketa Pajak, Ini Kata Stafsus Menteri BUMN

“Tentunya, PGN juga berupaya memperluas pembangunan infrastruktur gas bumi agar layanan gas bumi bisa menjangkau berbagai titik-titik pusat perekonomian,” sambungnya.

Di minggu ketiga Januari, PGN telah menambah pelanggan di sektor industri logam dan komponen otomotif PT Trikasa Jaya Logam, yang berlokasi di Kawasan Industri dan Pergudangan Jatim Depo Estate.

Selain di Pasuruan, pada awal tahun 2021, PGN juga telah melaksanakan gas in di tiga industri dan tiga pelanggan kecil yang berada di area Bogor dan Cirebon.

Baca juga: PGN SAKA Load Out Top Side Platform Lapangan Sidayu

Area Head PGN Pasuruan Makki Nuruddin mengungkapkan bahwa PT Trikasa termasuk sebagai pelanggan komersial industri yang gas-in pertama PGN Pasuruan di awal tahun 2021. 

Estimasi pemakaian awal sekitar 100.000 M3 per bulan dan pada tahun ke empat bisa mencapai 250.000 M3 per bulan.

“Dengan memakai gas PGN, semoga produktivitas dan daya saing PT Trikasa bisa selalu terjaga kondusif dengan adanya bahan bakar yang terus mengalir 24 jam dan gas bumi PGN dapat andil membantu PT Trikasa merealisasikan target,” ujar Makki.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat