androidvodic.com

Anggota Komisi IV Sebut Beli Peternakan Sapi di Belgia Bukan Solusi - News

Laporan Wartawan News, Seno Tri Sulistiyono

News, JAKARTA - Anggota Komisi IV DPR Fraksi Demokrat Bambang Purwanto merasa heran dengan rencana Menteri BUMN Erick Thohir yang ingin membeli perternakan sapi di Belgia.

“Kenapa mesti di Belgia, kita kan punya lahan luas kok. Emang di Indonesia tidak ada tempat untuk buka lahan peternakan? Sementara tenaga ahli kita juga banyak, aneh,” kata Bambang saat dihubungi, Rabu (21/4/2021).

Menurutnya, membeli peternakan sapi di Belgia bukan merupakan solusi, karena hanya menambah persoalan baru di kemudian hari.

Baca juga: Erick Thohir Akan Beli Peternakan Sapi di Belgia, Ekonom: Manfaatkan Potensi Lokal Secara Maksimal

“Karena apakah biaya operasional lebih murah dari Indonesia, kalau alasan lahan di Indonesia mahal kan bisa pinjam pakai lahan negara,” ucap Bambang.

Ia pun menyebut, jika membuka peternakan di Indonesia, maka akan menciptakan dua keuntungan yaitu terpenuhi permintaan daging sapi dan menyerap tenaga kerja.

Baca juga: Pembelian Peternakan Sapi di Belgia Tak Boleh Bebani Keuangan Negara

“Tapi memang perlu semangat nasionalisme yang tinggi,” katanya.

Diketahui, Menteri BUMN Erick Thohir menginginkan perusahaan pelat merah membeli peternakan sapi di Belgia.

Langkah tersebut dilakukan untuk memenuhi kekurangan pasokan daging dalam negeri, dan akhirnya mengurangi ketergantungan impor daging yang selama ini sebagian besar dilakukan oleh pihak swasta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat