androidvodic.com

UMKM Berperan Strategis Atasi Pengganguran di Indonesia - News

Laporan Wartawan News, Glery Lazuardi

News, JAKARTA - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berperan strategis mengatasi pengangguran di Indonesia.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan sektor mikro ini punya kontribusi besar menyerap tenaga kerja.

“UMKM ini sangat strategis untuk mengatasi pengangguran di Indonesia. UMKM memberikan kontribusi besar dalam menyerap tenaga kerja,” kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Kamis (6/5/2021).

Baca juga: Bahlil Diharapkan dapat Bantu UMKM di Sektor Investasi

Untuk itu, kewirausahaan menjadi salah satu konsen Kementerian Ketenagakerjaan karena UMKM menjadi penyerap tenaga kerja terbesar, yakni lebih dari 70 persen.

Melihat besarnya kontribusi UMKM  terhadap  penyerapan tenaga kerja, membuat Kemnaker terus mengembangkan berbagai program pelatihan dan melakukan sinergi dengan sejumlah stakeholders terkait untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja dan perluasan pasar kerja.

Baca juga: Menteri Ketenagakerjaan Kembali Ingatkan Pengusaha Segera Bayar THR

Sehingga, mulai 2021, Kemnaker melaksanakan program kewirausahaan yang terintegrasi dan berkelanjutan, sehingga efektif membentuk wirausahawan-wirausahawan baru dan meningkatkan wirausahawan rintisan lebih produktif.

Sementara itu, Dirjen Binapenta dan PKK Suhartono mengatakan terdapat sejumlah agenda transformasi program perluasan kesempatan kerja pada tahun ini.

program itu mencakup penyusunan desain baru kewirausahaan, penguatan kelembagaan pelaksana program kewirausahaan, pengembangan sistem pengelolaan program kewirausahaan, dan pengembangan jaringan kemitraan kewirausahaan.

“Diharapkan dengan agenda yang sudah disusun dapat mengembangkan kewirausahaan
yang efektif dalam rangka memperluas kesempatan kerja” ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat