androidvodic.com

H-5 Lebaran, Trafik Angkutan Logistik di Merak-Bakauheni Meningkat 24 Persen - News

Laporan Wartawan News, Hari Darmawan

News, JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat adanya peningkatan trafik truk logistik dari Jawa ke Sumatera pada H-5 Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi mengatakan, trafik truk logistik khususnya di Merak-Bakauheni sejak 28 April 2021 hingga 8 Mei 2021 mengalami peningkatan sebesar 24 persen.

"Jumlah truk logistik yang menggunakan layanan penyeberangan dari Jawa ke Sumatera mencapai 31.271 unit atau naik 24 persen dibandingkan 2020 yang hanya 25.299 unit," ujar Ira dalam keterangannya, Minggu (9/5/2021).

Selain itu Ira juga mengungkapkan, kenaikan trafik ini dikarenakan pergerakan angkutan logistik yang diberi kebebasan penuh dan tidak ada pembatasan truk yang melintas di jalan tol.

Ira juga menjelaskan, untuk layanan angkutan truk logistik di pelabuhan penyeberangan ASDP tetap berjalan normal khususnya untuk pendistribusian bahan pokok dan logistik lainnya.

Baca juga: Peniadaan Mudik Lebaran, Menhub: Transportasi Penumpang Turun, Angkutan Logistik Tetap Stabil

Kemudian menurut Ira, sejak awal pandemi Covid-19 ASDP dengan konsisten tetap melayani angkutan barang. Selain itu juga layanan bagi penumpang kriteria khusus yang dikecualikan dalam larangan mudik ini tetap berjalan.

"Dalam rangka pengendalian transportasi selama masa angkutan lebaran kami telah melakukan kerjasama dan koordinasi yang baik dengan Kementerian Perhubungan, Kepolisian, Kesehatan Pelabuhan dan seluruh stakeholder agar kebijakan pelarangan mudik ini dapat berjalan efektif," kata Ira.

Kebijakan ini, lanjut Ira, tentunya dengan pesan top leader bahwa upaya pengendalian transportasi serta meminimalisir pergerakan masyarakat untuk mudik, harus dilakukan secara tegas dan manusiawi.  

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat