androidvodic.com

Larangan Mudik Berakhir, Pengguna Angkutan AKAP Meningkat   - News

Laporan Wartawan News, Reynas Abdila

News, JAKARTA - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mencatat jumlah penumpang angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di 3 dari 4 Terminal Tipe A mengalami peningkatan.

Hal ini menyusul selesainya masa peniadaan mudik 6-17 Mei 2021.

Kepala BPTJ Polana B. Pramesti menyebut bahwa berdasarkan data pada tanggal 18 hingga 21 Mei 2021 tercatat terjadi kenaikan jumlah keberangkatan penumpang AKAP di Terminal Jatijajar Depok, Terminal Poris Plawad Tangerang dan Terminal Baranangsiang Bogor.

Sementara khusus untuk terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan tidak terjadi kenaikan. 

Peningkatan terjadi dengan asumsi dibandingkan dengan jumlah rata-rata penumpang pada masa normal yaitu pada bulan Januari - Maret 2021.

“Kenaikan jumlah pengguna layanan AKAP sebesar 8,87 persen tercatat di Terminal Baranangsiang Bogor.

Pada hari-hari biasa seperti pada bulan Januari sampai dengan  Maret rata-rata per hari Terminal Baranangsiang melayani penumpang sekitar 203 orang.

Baca juga: Dua Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Protein Harian

Pasca masa peniadaan mudik, Terminal Baranangsiang tercatat melayani sebanyak 221 penumpang rata-rata per hari,” ungkap Polana, Minggu (23/5/2021).

Lebih lanjut Polana menerangkan destinasi yang paling banyak dituju yaitu Wonosobo di Jawa Tengah dan Lampung serta Padang yang ada di Sumatera. 

“Di Terminal Baranangsiang Bogor, setidaknya terdapat 24 PO yang beroperasi melayani AKAP,” tambah Polana.  

Sementara untuk pengguna layanan AKAP di Terminal Poris Plawad Tangerang, Polana mengungkapkan bahwa pasca masa peniadaan mudik juga mengalami peningkatan sekitar 74 persen.

“Apabila pada waktu normal rata-rata setiap hari melayani penumpang sekitar 446 orang, maka selepas masa peniadaan mudik Terminal Poris Plawad rata-rata melayani sejumlah 776  penumpang per hari,” ujar Polana. 

Baca juga: Gibran Rakabuming Copot Seorang Lurah karena Diduga Lakukan Pungli, Begini Reaksi Warga

Menurut Polana, Padang dan Madura merupakan destinasi yang paling banyak dituju oleh pengguna layanan AKAP melalui terminal ini. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat