androidvodic.com

Sarana Transportasi di IKN Dibangun Terpadu dan Berkonektivitas Tinggi - News

Laporan Wartawan News, Fandi Permana

News, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, arah pembangunan sarana dan prasarana transportasi di Ibu Kota Negara (IKN) baru akan dibuat terpadu.

Pembangunan sarana transportasi juga mengutamakan konektivitas yang ditunjang oleh sistem transportasi terpadu.

Menurutnya, hal itu penting dilakukan karena menjadi penentu bagi berkembangnya suatu wilayah, khususnya Ibu Kota Baru di Provinsi Kalimantan Timur.

"Konektivitas itu yang kita bangun di IKN. Sebab, konektivitas transportasi menjadi penentu bagi berkembangnya suatu kota dan transportasi yang cerdas dan menjadi pilihan utama warganya," kata Menhub Budi Karya dalam sesi webinar Sistem Transportasi Cerdas di Ibu Kota Negara yang digelar Balitbang Perhubungan, Selasa (25/5/2021).

Baca juga: Aturan Baru: Penumpang Moda Transportasi dari Sumatera ke Jawa Wajib Rapid Test Antigen

Budi karya menambahkan, pembangunan sistem transportasi di IKN sepenuhnya menerapkan teknologi terbaru dan ramah lingkungan.

Hal itu terlihat dari proses pembangunan yang diperuntukkan untuk kendaraan listrik, kereta api, hingga integrasi perhubungan udara melalui bandara baru yang akan dibangun.

Baca juga: Bisnis Garuda Remuk Terimbas Larangan Mudik Lebaran, Hanya 30 Penerbangan Per Hari

Kebijakan tersebut diambil sekaligus membuka peluang bagi masyarakat untuk memberikan kontribusi mereka dalam mengembangkan sektor transportasi di IKN. Menurutnya, IKN akan menciptakan peluang besar bagi ahli transportasi maupun akademisi untuk membuka lapangan pekerjaan baru.

"Kita juga mendesain IKN untuk menciptakan peluang bagi akademisi untuk turut memberikan konsep, juga kepada masyarakat agar menangkap peluang bisnis, lahan pekerjaan, dan lahan ilmu pengetahuan, khususnya bagi generasi muda," jelas Budi Karya.

Budi menaruh harapan besar kepada pemerintah agar seluruh pemangku kepentingan di sektor transportasi dan perhubungan dapat berkolaborasi dalam mengembangkan IKN. Sebab, sistem transportasi cerdas dan terpadu yang dibangun di IKN akan menjadi simbol sekaligus warisan kemajuan teknologi dan peradaban Bangsa Indonesia di dunia internasional.

"Karena ini merupakan warisan yang akan dirasakan secara berkelanjutan, saya berharap IKN menjadi tonggak kemajuan transportasi cerdas dan terpadu bagi bangsa Indonesia," tutup Budi. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat