androidvodic.com

Erick Thohir Bentuk Pusat Pengembangan Manajemen-Kepemimpinan untuk Lahirkan Bos BUMN BerAKHLAK - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Ismoyo

News, JAKARTA - Kementerian BUMN telah membentuk BUMN Leadership and Management Institute (BLMI), sebuah pusat riset, inovasi, kolaborasi, dan pengembangan manajemen dan kepemimpinan di seluruh klaster BUMN.

Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan, inisiatif ini bertujuan untuk membangun kapabilitas kepemimpinan di BUMN yang berkelas dunia dan berbasis AKHLAK.

“Upaya transformasi yang dicanangkan Kementerian BUMN terhadap perusahaan-perusahaan BUMN menjadi perusahaan yang akuntabel, profesional, dan berkelas dunia, tidak mungkin terjadi tanpa transformasi human capital,” ucap Menteri Erick dalam keterangannya, Senin (7/6/2021).

“Karena itu kami membangun program yang bukan ad hoc, tetapi terstruktur, menyeluruh, dan berkelanjutan, yaitu BUMN Leadership and Management Institute,” sambungnya.

Baca juga: Ekspor Sektor Perikanan Bakal Terdongkrak Apabila Dua BUMN Ini Dilebur

Dalam hal ini, Kementerian BUMN telah menunjuk Mandiri Corporate University sebagai koordinator, untuk bersinergi dengan Corporate University dari Telkom, Pertamina, dan WIKA dalam membangun peta jalan dan program pengembangan kepemimpinan.

Mulai dari new entry level, manajer tingkat pertama sampai dengan tingkat Direksi dan Komisaris/Pengawas.

Fokus awal pengembangan kepemimpinan ini akan dimulai dari Komisaris/Pengawas dan Direksi dengan menggandeng sekolah bisnis lokal dan global sebagai mitra strategis.

Seperti Indonesian Institute of Corporate Directors (IICD) untuk Onboarding Commissioner Program dan Commissioner Learning School. Kemudian IPMI International Business School untuk Onboarding Directorship Program.

Untuk diketahui, BLMI sudah memulai kegiatan perdana di bulan Januari 2021 dengan penyelenggaraan Angkatan Ke-1 Onboarding Directorship Program.

Baca juga: Pertemuan dengan Pemerintah Tiongkok, Luhut dan Erick Thohir Bahas Kerja Sama BUMN Hingga Investasi

Pada hari Rabu pekan ini (9/6), BLMI akan memulai secara serentak Angkatan Ke-2 Onboarding Directorship Program dan Angkatan Pertama Onboarding Commissioner Program.

“Saya berharap ini menjadi keseriusan bersama yang terus dijaga. Tuntutan ke depan untuk berkompetisi sangat tinggi di tengah perubahan dan pasar yang semakin terbuka,” pungkas Menteri Erick.
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat