androidvodic.com

Integrasi Jalur Transportasi Permudah Pengiriman Logistik Via Tol Laut - News

Laporan Wartawan News, Hari Darmawan

News, JAKARTA - Integrasi jalur transportasi menuju pelabuhan dinilai dapat mendorong produktivitas pengiriman logistik angkutan tol laut.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, integrasi jalur transportasi akan membuat akses dari dan ke pelabuhan menjadi lebih mudah.

"Contohnya dengan integrasi jalur transportasi dari pelabuhan menuju bandara atau jalur darat lainnya, dapat mempermudah pendistribusian logistik menggunakan tol laut," ucap Budi dalam webinar, Kamis (10/6/2021).

Menurutnya, Kementerian Perhubungan telah melakukan terobosan berupa integrasi jalur transportasi untuk mengakomodir muatan tol laut yang disambungkan dengan sisi darat menuju bandara.

"Integrasi pelabuhan dan bandara dilakukan Kementerian Perhubungan di Papua dan Papua Barat. Cara ini dilakukan agar distribusi logistik kebutuhan pokok untuk masyarakat di pegunungan bisa lebih cepat diterima," ucap Budi Karya.

Baca juga: Kemenhub Tambah Trayek Angkutan Tol Laut Tujuan Papua dan Papua Barat

Dengan begitu, lanjut Budi, pada akhirnya barang kebutuhan pokok tidak mengalami perbandingan harga yang tinggi antara di wilayah barat dan wilayah timur Indonesia.

Baca juga: Masih Banyak Kelemahan, Menkomarves Siapkan Rancangan Aturan untuk Angkutan Tol Laut

Integrasi pelabuhan dengan bandara ini juga, menurut Budi Karya, dapat mempercepat pengiriman logistik misalnya dari Surabaya menuju Papua.

"Kemudian jalur pelabuhan ini yang diintegrasikan dengan bandara, barang yang dipesan tidak terpaut jauh dengan harga yang ada di Surabaya," ucap Budi Karya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat