androidvodic.com

Kementerian ESDM Targetkan Fasilitas SPKLU Capai 25 Ribu pada Tahun 2030 - News

Laporan Wartawan News, Hari Darmawan

News, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di 2030 dapat mencapai 25 ribu unit.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan, saat ini SPKLU yang tersedia khususnya di wilayah Jakarta baru 190 unit.

Ia juga menjelaskan, selain SPKLU pemerintah juga menyediakan stasiun penukaran baterai kendaraan listrik khususnya motor yang sudah ada di beberapa titik contohnya di Kementerian ESDM.

"Untuk mendukung penggunaan kendaraan listrik ini, kami menargetkan pada 2030 ada 25 ribu SPKLU di beberapa wilayah di Indonesia," ucap Dadan dalam konferensi pers IEECCE 2021, Senin (14/6/2021).

Selain itu pada 2030 juga, Dadan mengungkapkan, pihaknya menargetkan penggunaan mobil listrik di Indonesia bisa mencapai dua juta unit.

Baca juga: Komisi VII DPR dan Menteri ESDM Sepakati Asumsi Dasar Makro Sektor Energi

"Kemudian untuk penggunaan sepeda motor listrik di 2030, kami menargetkan hingga 16 juta unit dan ini target untuk 10 tahun ke depan," ucap Dadan.

Dadan juga menjelaskan, penggunaan kendaraan listrik ini tentunya nanti dapat mengurangi penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Meski tidak dapat menghilangkan penggunaan BBM untuk transportasi, setidaknya dapat mengurangi penggunaannya dan beralih ke energi yang lebih efisien," ucap Dadan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat