androidvodic.com

Tekan Biaya Konstruksi, PGN Penuhi Pasokan Pipa PE dari PGAS Solution - News

Laporan Wartawan News, Seno Tri Sulistiyono

News, JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara (PGN), melalui anak usahanya PT PGAS Solution menghadirkan pabrik pipa polyethylene (PE) di Karawang Timur, Jawa Barat, dengan luas 3 ribu meter persegi.

Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Achmad Muchtasyar mengatakan, pabrik pipa PE tersebut merupakan inovasi PGAS Solution dalam meningkatkan efisiensi biaya pembangunan.

Baca juga: PGN dan Rekind Kerja Sama Pemanfaatan Gas Untuk Commissioning Proyek Jambaran-Tiung Biru

"Tingginya biaya investasi konstruksi jaringan gas menjadi tantangan tersendiri yang harus dihadapi. Biaya material menjadi salah satu penyumbang tertinggi dalam sebuah proses pembangunan infrastruktur," kata Achmad dalam keterangannya, Kamis (17/6/2021).

Menurutnya, ketersediaan pipa PE dari PGAS Solution dapat menambah tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) dalam proyek strategis jaringan gas rumah tangga, khususnya proyek jargas jangka pendek menengah pada 2021-2022.

Baca juga: PGN Resmikan Jumperline Tambak Lorok Untuk Tingkatkan Fleksibilitas Pasokan Gas Bumi di Jateng

"Kami harap dengan hadirnya pabrik pipa PE di PGAS Solution dapat menekan biaya pembangunan infrastruktur gas. Pabrik ini juga dapat memenuhi kebutuhan pipa PE pihak lain, dan siap beroperasi 24 jam untuk menjamin ketersediaan kebutuhan pipa,” papar Achmad.

Direktur Operasi PT PGAS Solution Edi Armawiria menambahkan, pipa yang diproduksi pabrik pipa PE diberi merek Solfipe yang memiliki jenis diameter mulai dari 20 mm, 32 mm, 63 mm, 90 mm dan 110 mm.

"Kemudian terdiri dari dua tipe, yaitu MDPE-80 (Medium Density Polyethylene) untuk jaringan gas dan HDPE-100 (High Density Polyethylene) merupakan jenis pipa yang biasa digunakan untuk subduct, fiber optic, air, dan masih banyak lagi," tuturnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat