androidvodic.com

Peletakan Batu Pertama Teaching Farm Closed House Hibah dari Charoen Pokphand Indonesia ke IPB - News

News - Charoen Pokphand Foundation Indonesia (CPFI) bersama dengan Fakultas Peternakan (Fapet)  Institut Pertanian Bogor (IPB) mengadakan acara ‘Peletakan Batu Pertama Broiler Closed House’. Peresmian pembangunan kandang hibah dari PT CPI ini bertempat di Laboratorium Lapang B IPB, Darmaga, Bogor, Kamis (24/6/2021).

Perjanjian kerja sama hibah kandang Close House kepada Fakultas Peternakan IPB ini ditandatangani pada bulan April 2021.  

Peletakan batu pertama ini dilakukan oleh Rektor Arif Satria selaku Rektor IPB, Idat Galih Permana selaku Dekan Fapet IPB dan Andi Magdalena Sidadari selaku Sekretaris Jenderal Charoen Pokphand Foundation Indonesia (CPFI).

Program Teaching Farm merupakan program pemberian hibah berupa kandang ayam Closed House modern beserta peralatannya kepada Fakultas Peternakan IPB, closed house tersebut dibangun di Laboratorium Lapang B IPB University, Darmaga, Bogor, program tersebut sebagai salah satu bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate   Social  Responsibility/CSR), dalam rangka mendukung program pemerintah dalam membangun sinergi antara dunia industri/ dunia usaha dengan perguruan tinggi yang sejalan dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Dalam pelaksanaan dan pengelolaan Teaching Farm tersebut sepenuhnya akan didampingi oleh tim professional CPI yang akan mengajarkan dan berbagi pengetahuan teknis tentang budi daya ayam moderen kepada mahasiswa/i.

Teaching Farm tersebut juga akan digunakan sebagai sarana penelitian, pengembangan praktik budidaya ayam dan media aplikasi ilmu pengetahuan serta sebagai gambaran miniatur dunia usaha.

Dengan adanya hibah Kandang Ayam Closed House ini, Fakultas peternakan IPB University kini memasuki fase teknologi yang lebih tinggi, dimana teknologi peternakan ayam broiler (ayam pedaging) saat ini sudah masuk pada manajemen level teknologi tinggi, diharapkan dengan hibah ini mahasiwa/i akan lebih meningkat kemampuannya dan kualitas SDM lulusannya akan menjadi lebih unggul dan kompetitif.

Dalam laporan Dekan fakultas Peternakan IPB  Idat Galih Permana, menjelaskan bahwa kandang closed house yang akan dibangun ini adalah hibah kandang closed house kedua dari Charoen Pokphand Indonesia (CPI) untuk IPB. Hibah kandang closed house yang pertama dilakukan sekitar 15 tahun yang lalu.

“Kami sangat berterima kasih kepada CPI karena pembangunan kandang ini memang sudah dinanti nantikan oleh kami,” ujarnya.

Idat berharap bahwa nantinya hibah kandang closed house yang lebih modern dari generasi pertama ini dapat digunakan untuk mahasiswa mengasah kemampuan maupun memiliki keterampilan sesuai dengan kebutuhan industri. Hal tersebut juga sejalan dengan program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka.

“Mahasiswa peternakan ke depannya bisa melakukan magang, training, dan menerapkan sistem budi daya unggas di level industri,” jelas Idat.

Sementara itu, Andi Magdalena Sidadari, SH, MH selaku Sekretaris Jenderal Charoen Pokphand Foundation Indonesia (CPFI), mengatakan bahwa Lembaga Karya Pokphand yang sekarang berganti nama menjadi CPFI telah lama bekerjasama dengan IPB diawali dengan pemberian Beasiswa kepada 25 mahasiswa/I, dan terus berjalan hingga kini dan saat ini jumlah kuotanya telah bertambah menjadi 40 anak/ tahun.

Pada tahun 2005, IPB juga menjadi universitas pertama yang menerima hibah kandang closed house oleh CPI “Mungkin itu menjadi kandang closed house yang pertama di luar dari industri, pada saat itu” tuturnya.

Teaching Farm yang akan dibangun ini merupakan hibah kandang ke-13 PT.Charoen Pokphand Indonesia. Tbk, kepada Universitas,

Pada kesempatan ini juga disampaikan dalam pemanfaatan kandang yang akan dibangun ini diharapkan tidak hanya jurusan peternakan yang memanfaatkan Closed House ini, di Closed House terdapat berbagai macam ilmu yang dapat diperlajari, ilmu ekonomi, teknik sipil, kelistrikan dll, dan mempersilahkan agar seluruh fakultas dapat terlibat di dalam kegiatan Closed House ini, dan kami dari Charoen Pokphand siap mendampingi,

Prof. Dr. Arif Satria, SP, M.Si selaku Rektor IPB University yang turut hadir dalam sambutannya menyatakan bahwa pembangunan kandang yang diinisiasi oleh CPI sejak tahun 2005 sangat membantu IPB. Arif berharap agar kerja sama antara IPB University dan CPI dapat terus berjalan dengan baik

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat