androidvodic.com

Dua dari 6 Fokus Utama APBN 2022: Pengendalian Covid-19 dan Infrastruktur - News

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, kebijakan fisikal 2022 mendatang akan tetap ekspansif untuk mendukung percepatan pemulihan  sosial-ekonomi.

Hal itu disampaikan Presiden dalam Pidato APBN Tahun 2022 Beserta Nota Keuangan di Rapat Paripurna DPR RI, Senin, (16/8/2021).

"Namun juga konsolidatif untuk menyehatkan APBN dengan penguatan reformasi struktural," kata Jokowi.

Presiden mengatakan ada enam fokus utama dalam kebijakan APBN 2022. Pertama, melanjutkan upaya pengendalian Covid-19 dengan tetap memprioritaskan sektor kesehatan.

"Kedua, menjaga keberlanjutan program perlindungan sosial bagi masyarakat miskin dan rentan," tambahnya.

Baca juga: Pemerintah Anggarkan Rp 384,8 Triliun untuk Pembangunan Infrastruktur di 2022

Sementara itu fokus ketiga dalam APBN 2022 yakni memperkuat agenda peningkatan SDM  yang unggul, berintegritas, dan berdaya saing.

Baca juga: Pemerintah Siapkan Anggaran Kesehatan Rp 255,3 Triliun di RAPBN 2022

Keempat, melanjutkan pembangunan infrastruktur dan meningkatkan kemampuan adaptasi teknologi.  =Kelima, penguatan desentralisasi fiskal untuk peningkatan  dan pemerataan  kesejahteraan  antardaerah. 

"Keenam, melanjutkan reformasi penganggaran dengan menerapkan zero-based budgeting  untuk  mendorong agar belanja lebih efisien, memperkuat  sinergi pusat dan daerah, fokus terhadap program prioritas dan berbasis hasil, serta antisipatif terhadap kondisi ketidakpastian," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat