androidvodic.com

IPDMIP Bantu Petani Jorong Gantiang Nagari Taram Sumbar  - News

News, SUMBAR - Kementerian Pertanian (Kementan) terus mengintensifkan Program Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Project (IPDMIP)  pada lahan pertanian di daerah irigasi (DI). 

Kementan secara masif melakukan berbagai program penguatan kapasitas SDM guna merealisasikan program IPDMIP

Seperti halnya terlihat di Sekolah Lapangan DI Batang Mungo keltan Sejahtera, Nagari Taram Kec. Harau Kab. Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Kementan bersama pihak-pihak terkait memberikan penyuluhan seputar IPDMIP

"Materi intinya ada beberapa. Di antaranya persiapan lahan, penggunaan PUTS (perangkat uji tanah sawah), sampai identifikasi masalah," ujar salah seorang pemateri, Sustri Andriani melalui keterangan tertulisnya, Kamis (26/8/2021).   

Dia mengatakan bahwa program penyuluhannya ini diikuti 25 peserta yang tergabung ke dalam Kelompok Jorong Gantiang Nagari Taram. 

"Jadi mereka ini punya lahan kelompok yang dikelola bersama-sama," tambah dia. 

Sustri menjelaskan IPDMIP merupakan bentuk kerja sama Kementan dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan pemerintah daerah untuk mendukung pencapaian ketahanan pangan.

Pihaknya bersama-sama penyuluh lain memberikan pelatihan seputar optimalisasi lahan tani untuk hasil panen yang optimal. 

Baca juga: Kementan Komitmen Perbaiki Tata Kelola Pupuk Subsidi

"Manfaatnya terasa sekali ya. Misalnya petani bisa melakukan panen calon benih yang merupakan hasil penangkaran dari program IPDMIP. Kami yakin dengan program IPDMIP ini bisa meningatkan kualitas hasil panen petani," jelas dia. 

Mentan Yakin IPDMIP Dongkrak Kesejahteraan Petani 

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, kegiatan IPDMIP mempunyai banyak manfaat untuk petani.

Dia berharap petani bisa menyerap seluruh materi yang disampaikan dalam IPDMIP. Karena, program ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian. 

"IPDMIP memperkenalkan teknologi baru, cara-cara baru dalam bertani. Tujuannya adalah meningkatkan produktivitas yang akan berimbas pada meningkatnya pendapatan petani," jelasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat