androidvodic.com

Mendag Lutfi Bicara Pemulihan Ekspor Indonesia di Tengah Pandemi - News

Laporan Wartawan News, Yanuar Riezqi Yovanda

News, JAKARTA - Kementerian Perdagangan terus berupaya menjadi garda terdepan dalam menjaga neraca perdagangan Indonesia di tengah pandemi.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan, salah satu yang bisa dilakukan untuk menjaga neraca perdagangan yakni melalui upaya peningkatan ekspor nasional.

Baca juga: BUMN Klaster Pangan Lakukan Ekspor 132 Ton Gurita ke Amerika Serikat

"Berbagai upaya terus kami lakukan untuk dapat menunjang pemulihan ekonomi nasional. Kita melihat ekonomi Indonesia pada kuartal II 2021 sangat menggembirakan karena pertumbuhannya lebih dari 7 persen yaitu 7,07 persen berbanding periode sama tahun lalu," ujarnya saat membuka acara "Opening Ceremony 36th Trade Expo Indonesia 2021", Senin (27/9/2021).

Lutfi menjelaskan, pertumbuhan ini antara lain ditopang oleh ekspor selama periode tersebut yang tumbuh signifikan yaitu 31,78 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.

Baca juga: Tujuh UMKM Peserta Export Coaching Program Berhasil Ekspor ke Mancanegara

"Pemulihan ekspor di Indonesia sangat dipengaruhi oleh pemulihan ekonomi global dan meningkatnya permintaan dari negara-negara mitra dagang Indonesia," katanya.

Selanjutnya pada periode Januari hingga Agustus 2021, total ekspor Indonesia mencapai 142,01 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau tumbuh setidaknya 37,77 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.

"Pertumbuhan ini lebih tinggi dari nilai impor sebesar 122,83 miliar dolar AS, sehingga neraca perdagangan Indonesia surplus 19,7 miliar dolar AS pada Januari hingga Agustus 2021," pungkas Lutfi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat