androidvodic.com

Dirjen Minerba Minta Daerah dan Pusat Kuatkan Sinergi untuk Genjot Sektor Tambang - News

Laporan Wartawan News, Seno Tri Sulistiyono

News, JAKARTA - Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Minerba) Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin meminta sinergi yang kuat antara daerah dan pemerintah pusat untuk menggenjot sektor tambang sebagai pendorong ekonomi nasional. 

"Kami ingin perkuat hubungan antara pusat dan daerah. Jangan sampai industri pertambangan jadi masalah, sebaliknya kita jadikan industri ini jadi perekat yang kuat," ujar Ridwan secara virtual, Kamis (30/9/2021).

Menurut Ridwan, pemerintah pusat tidak akan melupakan daerah dalam memajukan energi pertambangan, apalagi sumber daya manusia di kementeriannya berasal dari daerah.

Ridwan menyebut, energi pertambangan bisa menjadi penggerak utama ekonomi nasional. Hal ini sudah terbukti bahwa perekonomian masyarakat di wilayah pertambangan tetap tumbuh meski terjadi pandemi Covid-19.

Baca juga: Ricuh karena Tambang di Bolaang Mongondow Sulut, Seorang Warga Dilaporkan Meninggal

"Suka atau tidak suka, kami menyadari selama periode pandemi, daerah-daerah yang tumbuh dengan basis industri pertambangan, memperlihatkan pertumbuhan yang baik dan dapat terus menggerakkan ekonomi setempat," paparnya.

Baca juga: Kuasa Hukum Luhut Tegaskan Kliennya Tak Miliki Bisnis Tambang di Papua: Satu Pun Tidak Ada

Ia mengajak generasi muda tetap menjaga industri pertambangan di berbagai daerah, sembari memerhatikan kondisi lingkungan. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat