androidvodic.com

Kadin Dorong Peran Swasta dalam Upaya Dekarbonisasi - News

Laporan Wartawan News, Reynas Abdila

News, JAKARTA - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid berkomitmen mendorong peran sektor swasta untuk menjadi katalisator dalam upaya dekarbonisasi.

Menurutnya, dalam skala yang lebih kecil banyak dari sektor swasta semakin tertarik untuk memasang panel energi surya.

“Minat dari pihak domestik, regional bahkan internasional yang telah menjalankan praktik Environmental, Social, and Governance (ESG),” tutur Arsjad dalam webinar, Kamis (21/10/2021).

Baca juga: Dekarbonisasi: AS Gandakan Tekanan, Cina dan Australia Bergeming

Kadin, lanjut Arsjad, ingin mengambil bagian dalam pertumbuhan energi terbarukan di Indonesia.

“Kami juga mengapresiasi komitmen Kementerian ESDM dan PT PLN khususnya dalam menerbitkan RUPTL Hijau misalnya," kata Arsjad.

Baca juga: Bamsoet Optimistis KADIN Indonesia Bantu Pemulihan Ekonomi Indonesia

Arsjad optimis, model bisnis dan skema pembiayaan yang semakin matang di sekitar industri panel energi surya dapat mendorong lebih banyak investasi.

"Hal seperti ini pada gilirannya akan menciptakan siklus umpan balik positif yang memungkinkan terciptanya ekonomi hijau atau industri hijau,” ujarnya.

Lebih lanjut, Arsjad menegaskan peran swasta dalam pengembangan energi terbarukan tidak hanya dalam upaya mitigasi GRK saja, karena jika dilakukan dengan strategi yang tepat juga dapat memacu tumbuhnya industri baru.

“Ini juga akan memberikan keuntungan ganda bagi Indonesia,” pungkasnya.

Pemerintah dan swasta adalah penting bagi pencapaian Nationally Determined Contribution (NDC) Indonesia yang menargetkan penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) sebesar 29 persen dalam kurun 2020-2030.

Target ini sesuai Paris Agreement di tahun 2015 yang kemudian diratifikasi melalui UU No 16/2016.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat