androidvodic.com

Jokowi dan Joe Biden Bertemu di Glasgow, Ajak AS Investasi EBT hingga Ekosistem Mobil Listrik - News

Laporan Wartawan News, Seno Tri Sulistiyono

News, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkap sejumlah hal yang dibahas Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden. 

Airlangga sempat mendampingi Jokowi bertemu dengan Joe Biden di sela pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Perubahan Iklim ke-26 (KTT COP26) di Glasgow, Skotlandia.

"Pembicaraan terkait geopolitik Indo-Pasifik, keketuaan Indonesia di G20, serta hubungan bilateral Indonesia-AS,” ujar Airlangga dalam keterangan, Kamis (4/11/2021).

Menurutnya, pada kesempatan tersebut Jokowi menyampaikan kepada Joe Biden, Indonesia dan AS memiliki relasi kemitraan strategis serta kerja sama sosial ekonomi yang kokoh.

Dalam pertemuan tersebut, kata Airlangga, Indonesia mengajak AS untuk melakukan investasi pada energi baru dan terbarukan, termasuk pengembangan ekosistem mobil listrik dan baterai lithium.

Selain itu, Biden dan Jokowi juga melakukan tukar pikiran terkait isu penguatan demokrasi maupun situasi global.

Baca juga: Pertemuan Jokowi dengan Putra Mahkota Abu Dhabi Hasilkan Komitmen Bisnis Senilai USD 32,7 Miliar

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam itu, Airlangga menyebut Joe Biden menyampaikan dukungan untuk Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022.

Pada kesempatan yang sama, Airlangga juga menggelar pembicaraan dengan pemilik Microsoft Bill Gates. 

Airlangga  mengatakan, pertemuan dengan Bill Gates membahas peluang kerja sama antara Indonesia dengan Bill & Melinda Gates Foundation dalam sejumlah hal.

“Membahas pengembangan co-production mRNA, taksonomi pisang yang sangat beragam di Indonesia yang akan bekerja sama dengan LIPI serta sejumlah pembahasan mengenai finansial inklusif,” ungkap Airlangga.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat