androidvodic.com

Sumber Daya Manusia dan Teknologi Kunci Memperkuat Ketahanan Industri - News

Laporan Wartawan News, Eko Sutriyanto 

News, JAKARTA - Pameran Industrial Transformation ASIA-PACIFIC (ITAP) ke-4 digelar dalam format hybrid untuk memaksimalkan jangkauan regional dan mendorong keterlibatan dalam industri manufaktur dan industri terkait.

Event ini digelar dari 22 hingga 24 November 2021 mendatang yang mengusung tema penguatan ketahanan industri tetap menjadi kunci untuk membangun dunia yang lebih baik di masa endemik COVID-19.

Chief Executive (Markets) Constellar Holdings Chua Wee Phong selaku penyelenggara pameran mengatakan ada 2 pilar utama ITAP 2021 adalah SDM dan Teknologi yang Memberdayakan.

Baca juga: Menteri Trenggono Siap Benahi Pipa dan Kabel Bawah Laut, Ini Tujuannya

Dua hal tersebut adalah kunci untuk membangun ketahanan dan kelangsungan dunia yang tahan COVID.

“COVID-19 masih menjadi masalah besar bagi perusahaan manufaktur yang melakukan produksi secara fisik dan aktivitas lapangan. Teknologi seperti Artificial Intelligence (AI), Virtual Reality (VR), dan Augmented Reality (AR) dapat membantu mengurangi masalah ini dengan memungkinkan produsen bekerja dengan aman, mengurangi risiko terpapar sekaligus meningkatkan produktivitas," kata Chua Wee dalam keterangannya, Senin (8/11/2021).

Pihaknya mengajak perusahaan-perusahaan untuk memanfaatkan kesempatan ini guna mengevaluasi proses bisnis mereka, meningkatkan keterampilan pekerja mereka dan membekalinya dengan keahlian yang tepat untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi.

Baca juga: Motor Listrik Volta Curi Perhatian di Ajang Pameran Indonesia E-Vehicle Expo 2021 di Bandung

"ITAP senantiasa menjadi platform industri di kawasan untuk mengeksplorasi solusi inovatif, memperluas jaringan kemitraan dan membangun gudang alat mereka untuk pengembangan kemampuan,” ujarnya.

ITAP 2021 akan kembali menggelar Industrial Transformation Forum, Future of Manufacturing Summit, dan the Standards Forum.

Pemimpin industri akan mempresentasikan dan memimpin diskusi hangat tentang pengembangan kemampuan dan ketahanan; penemuan terbaru dalam teknologi manufaktur; perkembangan industri-industri utama; pengembangan strategis regional; dan inisiatif pemerintah negara regional daerah tentang Industri 4.0.

Event khas ITAP seperti Industry 4.0 Experiential Zone, digital sandboxes, dan one-on-one business matching akan menghadirkan peluang bagi para peserta untuk terhubung, serta menemukan dan/atau menampilkan solusi inovatif dan praktis.

Dengan penyebaran Covid-19 yang melambat, ITAP 2021 diikuti oleh lebih banyak peserta dan diprediksi dihadiri oleh lebih banyak pengunjung.

Tahun ini lebih dari 100 peserta pameran di 8 paviliun akan hadir memamerkan produk terbaru mereka secara fisik. Sejumlah nama besar akan kembali hadir antara lain Siemens, BOSCH, SAP, TRUMPF, EOS, DEHN, Delta, Microsoft, TUV SUD, Beckhoff, Honeywell, Glee Trees, ABB, Fraunhofer, Rockwell, dll.

Constellar menargetkan lebih dari 15.000 pengunjung menghadiri pameran tahun ini.

“Tahun lalu jumlah pengunjung digital dari Indonesia berada di peringkat kedua terbanyak mencapai 8% dari total pengunjung. Tahun ini dengan dibukanya paviliun Indonesia oleh Kementerian Perindustrian RI di pameran fisik ITAP 2021 di Singapore EXPO, akan semakin mengundang banyak para petinggi perusahaan Indonesia untuk hadir secara fisik di ITAP 2021,” tutup Chua Wee Phong, Chief Executive (Markets), Constellar Holdings.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat