androidvodic.com

Resmi Dibuka, IFRA Hybrid Business Expo Tawarkan Ragam Peluang Bisnis Waralaba - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Pameran waralaba dan lisensi IFRA Hybrid Business Expo in Conjunction with Indonesia Licensing Expo 2021 resmi dibuka, Jumat (12/11/2021).

Dalam penyelenggaraan kali ini, Dyandra Promosindo bersama dengan Asosiasi Franchise (AFI) dan Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) menghadirkan IFRA 2021 dengan konsep hybrid.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki mengatakan, pameran ini diharapkan dapat mengembalikan gairah usaha waralaba sekaligus meningkatkan kapasitas dan skala usaha waralaba Indonesia.

Dia juga berharap pameran ini bisa membuka peluang untuk melebarkan sayap kemitraan yang lebih luas lagi.

“IFRA sebagai platform yang senantiasa mengambil peran memajukan sektor bisnis waralaba dan lisensi serta membuka peluang bagi UMKM Indonesia agar dapat mengakses pasar lebih luas," ucap Teten dalam acara yang berlangsung di Jakarta Convention Center, Jumat (12/11/2021).

Berdasarkan laporan tahunan kegiatan usaha waralaba tahun 2020, bisnis waralaba berkontribusi sebesar 1,9 persen terhadap PDB Indonesia di tahun 2020.

Baca juga: Waralaba Baba Rafi Ekspansi Pasar ke India

Total gerai yang berhasil dibuka dan dioperasikan mencapai 93.732 gerai, sehingga dapat menyerap sebanyak 628.622 tenaga kerja. Omset yang tercipta secara keseluruhan melalui waralaba di tahun 2020 adalah sebesar Rp 54,4 miliar.

Sejalan hal tersebut, Teten kembali melanjutkan bahwa saat ini Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, sedang mempersiapkan transformasi UMKM masa depan yang berbasis kreativitas dan inovasi teknologi.

Baca juga: Manfaatkan Peluang Bisnis Waralaba dan Lisensi di Penghujung Tahun 2021

“Maka dari itu, intelektual properti dan lisensi menjadi aspek penting dalam memastikan UMKM terlindungi serta terakui haknya," papar Menteri Teten.

"Disisi lain aspek waralaba merupakan elemen penting dalam meningkatkan skalabilitas usaha demi percepatan terwujudnya UMKM naik kelas," pungkasnya.

Baca juga: Selain Buka Franchise, Ini 5 Ide Bisnis yang Cepat Balik Modal

Sebagai informasi, penyelenggaraan IFRA 2021 secara offline dijadwalkan digelar pada 12-14 November 2021 di Jakarta Convention Center, dan penyelenggaraan secara online mulai 12-30 November 2021 melalui platform online IFRA Virtual Expo.

Pameran secara resmi dibuka oleh Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Oke Nurwan, Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh, Ketua Umum Asosiasi Lisensi Indonesia, Susanty Widjaja.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat