androidvodic.com

Kementerian Investasi: Dari 131 Juta Tenaga Kerja, 120 Orang Diserap UMKM Bukan Perusahaan Besar - News

Laporan Wartawan News, Seno Tri Sulistiyono

News, JAKARTA - Kementerian Investasi/BPKM mendorong pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di dalam negeri untuk menciptakan lapangan pekerjaan. 

"Ini kenyataan, dari 131 juta angkatan kerja, 120 kerja diserapnya bukan oleh usaha besar, tetapi UMKM," kata Juru Bicara Kementerian Investasi/BPKM Tina Talisa secara virtual, Sabtu (13/11/2021).

Melihat data tersebut, kata Tina, pemerintah memberikan perhatian khusus kepada pelaku UMKM agar tetap meningkat dan berkelanjutan usahanya.

"Kontribusi UMKM sangat besar buat masyarakat, UMKM bisa melewati berbagai kondisi ekonomi, yang paling kuat itu UMKM, kami bisa katakan tidak ada lawan," tuturnya. 

Menurutnya, selama ini banyak yang memandang investor itu merupakan pemodal besar dan asing, padahal tidak melulu yang memiliki modal besar.

Baca juga: Anggota DPR Apresiasi BKPM Permudah Izin Koperasi dan UKM

"Pemerintah melihat investor itu, yang tanam modalnya untuk ciptakan lapangan kerja tidak selalu harus besar," tuturnya. 

"Ibu-ibu misalnya punya dagangan makanan di GoFood dengan melibatkan satu orang atau tiga orang, mereka adalah pencipta lapangan kerja. Sehingga pemerintah betul-betul berikan dorongan, penguatan, perlindungan ke UMKM ini," sambung Tina.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat