androidvodic.com

Kampus UMKM Shopee Jakarta Diresmikan, Solusi Mengatasi Kesenjangan Keterampilan Digital - News

Laporan Wartawan News, Dennis Destryawan

News, JAKARTA -- Shopee meresmikan Kampus UMKM Shopee Jakarta di Gedung Pakuwon, Jakarta Selatan. Kampus Shopee keempat ini diresmikan bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja menerangkan, UMKM lokal dapat memanfaatkan kampus tersebut untuk mengikuti pelatihan dan pendampingan.

Pembukaan kampus, menurut Handhika, menjadi bagian dari komitmen jangka panjang #ShopeeAdaUntukUMKM dalam menyediakan solusi digitalisasi dari hulu hingga hilir bagi UMKM.

“Pemulihan ekonomi Indonesia akan bergantung pada UMKM kita. Jika kita bisa membuat UMKM semakin tangguh, kita dapat membantu membangkitkan kembali ekonomi negeri," ujarnya dalam konferensi pers daring, Rabu (17/11/2021).

Hadirnya Kampus UMKM Shopee Jakarta diharapkan membantu perkembangan UMKM lokal. Sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia, lanjut Handhika, digitalisasi UMKM bisa membantu mereka untuk bertahan di kala pandemi.

"Shopee terus membuka Kampus UMKM di berbagai kota, agar kesenjangan keterampilan digital mampu diatasi dengan lebih mudah melalui pilihan edukasi dan pelatihan tatap muka," tutur Handhika.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM), Elisabeth Ratu Rante Allo, menjelaskan bahwa Jakarta memerlukan dukungan ekosistem yang dapat membuat UMKM berkembang.

Baca juga: Rayakan Enam Tahun melalui Shopee 12.12 Birthday Sale, Ini Promo dan Hiburan yang Diberikan!

"Dengan dukungan berupa kampus ini, para pelaku UMKM bisa mendapatkan tambahan pengetahuan serta mendapatkan aspek pengembangan bisnis sehingga bisa meningkatkan skala usahanya," ungkap Elisabeth.

Menurutnya, hadirnya Kampus UMKM Shopee Jakarta sebagai pusat pengembangan digital UMKM dapat membuat UMKM langsung memahami dengan detail mengenai cara berjualan online yang tepat.

"Juga mendekatkan diri antara penjual kepada pembeli, hingga cara mengembangkan strategi bisnis digital secara optimal," tuturnya.

Kampus UMKM Shopee Jakarta ini menjadi yang keempat setelah pembukaan Kampus UMKM Shopee Ekspor di Bandung dan Solo, serta Kampus UMKM Shopee di Semarang.

Ilustrasi ShopeePay
Ilustrasi ShopeePay (ISTIMEWA)

Rayakan Enam Tahun melalui Shopee 12.12 Birthday Sale

Pada perayaan tahun ke-6, Shopee kembali menghadirkan festival belanja terbesar akhir tahun, Shopee 12.12 Birthday Sale.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat