androidvodic.com

Kemenperin Cetak 434 SDM Kompeten Lewat Politeknik APP Jakarta - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

News, JAKARTA - Kementerian Perindustrian melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) berhasil mencetak 434 Sumber Daya Manusia (SDM) kompeten yang siap memenuhi kebutuhan sektor industri.

Lewat Unit Pendidikan Vokasi yang dinaungi Kemenperin, yaitu Politeknik APP Jakarta menggelar wisuda yang mengusunfg tema "Membangun SDM Industri yang Kompeten dan Adaptif, serta Berdaya Saing Global".

Kepala BPSDMI Arus Gunawan, mengapresiasi kepada seluruh lulusan yang telah menyelesaikan pendidikan di Politeknik APP Jakarta.

"Sudah ada sebanyak 274 orang lulusan telah diterima bekerja, 6 orang memilih melanjutkan pendidikan dan 5 orang berwirausaha. Artinya pada saat wisuda ini lulusan Politeknik APP Jakarta sudah terserap sebesar 65,66 persen," tutur Arus dalam sambutannya saat wisuda Politeknik APP Jakarta, di Gedung Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Rabu (1/12/2021).

Selanjutnya, Arus juga mengucapkan selamat kepada para lulusan, orang tua dan juga para dosen, serta sivitas akademika Politeknik APP Jakarta, karena keberhasilan ini merupakan berkat kerja keras bersama dari siswa, dosen, orang tua dan industri.

"Politeknik APP Jakarta disiapkan sebagai pusat penyedia tenaga kerja industri logistik dan elektronika harus melakukan transformasi ke arah global, agar sejalan dengan kebijakan pengembangan SDM Industri," jelas Arus.

Baca juga: Kemenperin Targetkan Kontribusi Industri Capai 18 Persen di 2021

Para wisudawan merupakan lulusan Politeknik APP Jakarta dari tiga program studi D3 dan dua Program Studi D1.

Terdapat 124 wisudawan dari program studi D3 Manajemen Logistik Industri Elektronika, 133 wisudawan berasal dari program studi D3 Perdagangan Internasional Wilayah ASEAN and RRT 121 wisudawan dari program studi D3 Manajemen Pemasaran Industri Elektronika, 29 wisudawan adalah lulusan dari program studi D1 Distribusi dan Delivery, serta 27 wisudawan berasal dari program studi D1 Pemasaran Logistik.

Pada tahun ini lulusan yang telah bekerja sebelum wisuda sebanyak 227 lulusan sebesar 60 persen, sementara 40 persen lainnya sedang dalam proses seleksi di berbagai perusahaan.

Program setara D1 menghasilkan 56 lulusan, 100 persen yang akan ditempatkan kerja oleh mitra industri. Secara keseluruhan jumlah lulusan yang telah bekerja sebanyak 283 lulusan atau sebesar 65 persen.

Dengan bertambahnya 434 orang lulusan tahun akademik 2020/2021 ini, maka Politeknik APP Jakarta telah menghasilkan 16.524 orang lulusan Diploma.

Baca juga: Menperin Sebut Semakin Banyak Perusahaan yang Hijrah Menuju Industri Hijau

Sebagian besar lulusan telah bekerja di berbagai sektor industri dan instansi pemerintah serta menjadi wiraswasta yang tersebar hampir di seluruh Tanah Air.

Direktur Politeknik APP Jakarta Amrin Rapi, mengungkap selain mendapatkan gelar akademik, para wisudawan tahun ini juga mengantongi sertifikat melalui uji kompetensi pada empat skema yaitu warehouse supervisor, penerapan prosedur ekspor impor dan kepabeanan, tenaga pemasar operasional penjualan dan tenaga pemasar operasional layanan, serta telah melalui pelatihan dan uji kemampuan bahasa Inggris. 

"Kualitas dan kompetensi para lulusan akan terus didorong. Hal ini terbukti dengan adanya upaya Politeknik APP Jakarta untuk terus berinovasi menjadi perguruan tinggi vokasi pelopor dan penyedia SDM logistik yang unggul dan berdaya saing tinggi, serta adaptif terhadap perkembangan teknologi," terang Amrin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat