androidvodic.com

BI Siapkan Uang Rp 115,2 Triliun Jelang Natal dan Tahun Baru 2022 - News

News, JAKARTA -- Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada Natal dan Tahun Baru 2022, Bank Indonesia (BI) telah menyiapkan uang tunai ratusan triliun rupiah.

Marlison Hakim, Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI menyatakan, pihaknya memproyeksikan kebutuhan uang tunai sampai akhir 2021 sebesar Rp 115,2 triliun.

Nilai itu turun 2,6% dibandingkan kebutuhan uang tunai tahun lalu yakni Rp 118,3 triliun.

"Proyeksi kebutuhan uang kartal tersebut didasarkan pada perkiraan kebutuhan masyarakat," kata Marlison, Jumat (3/12)/2021.

Baca juga: Varian Omicron Mengancam, Berikut Tips Agar Terhindar dari Paparan Covid-19 di Momen Nataru

.Marlison mengatakan, perkiraan kebutuhan itu diwakili oleh penarikan perbankan di seluruh Indonesia dengan memperhatikan level pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di setiap wilayah dan program pemerintah.

BI juga memastikan kecukupan uang kartal untuk kebutuhan natal dan tahun baru di seluruh wilayah melalui jaringan kantor perwakilan BI di seluruh Indonesia maupun jaringan perbankan, dan infrastruktur pembayaran non-tunai secara lancar dan terjaga.

Baca juga: Waspada Potensi Tsunami di Cilegon saat Nataru, Kepala BMKG: Ketinggian hingga 8 Meter

Layanan tersebut merupakan sinergi BI dengan perbankan untuk memberikan layanan prima kepada masyarakat menjelang masa natal dan penutup tahun. (Ferrika Sari)

Sumber: Kontan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat