androidvodic.com

Usai Dicopot dari Dirut PLN, Kini Zulkifli Zaini Jadi Komisaris Utama PTPN III - News

Laporan Wartawan News, Seno Tri Sulistiyono

News, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk Zulkifli Zaini sebagai Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen PT Perkebunan Nusantara III (Persero)

Hal tersebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Nomor SK-398/MBU/10/2021 dan Nomor SK-399/MBU/10/2021 tanggal 10 Desember 2021 tentang Pengangkatan Komisaris Utama dan Pengangkatan Dewan Komisaris PT Perkebunan Nusantara III (Persero)

Selain Zukifli, Erick Thohir pun mengangkat Indrasari Wisnu Wardhana sebagai Komisaris PT Perkebunan Nusantara III.

Wakil Menteri I BUMN, Pahala Nugraha Mansury mengatakan, dalam menentukan dan menetapkan dewan komisaris PT Perkebunan Nusantara III, Kementerian BUMN selaku pemegang saham telah melakukan uji kepatutan dan kelayakan, serta mendapatkan persetujuan dari Tim Penilai Akhir (TPA) yang diketuai Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

"Proses transformasi yang sedang dijalankan perusahaan, semata-mata demi perkembangan perusahaan agar terus bertahan sehingga tercapai going concern, tentunya sangat dibutuhkan pengawalan dan pengawasan yang baik dari dewan komisaris, khususnya dalam peran PTPN Group untuk mencapai swasembada gula konsumsi," kata Pahala, Jumat (10/12/2021).

Baca juga: Pengamat Nilai Kebijakan Erick Thohir Soal Krakatau Steel Sudah Sesuai Arahan Presiden

Sebagai penjaga ketahanan pangan dan mencapai target swasembada gula kosumsi pada 2024, Holding Perkebunan Nusantara PTPN III telah melakukaan penataan industri gula melalui pembentukan PT Sinergi Gula Nusantara, dan akan mengundang mitra bisnis, sehingga strategi partnership ini segera terealisasi tahun depan.

Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III Mohammad Abdul Ghani menjelaskan, penetapan pejabat baru komisaris ini dinilai sebagai tindakan cepat untuk mengoptimalkan kinerja perusahaan, melalui penguatan fungsi pengawasan agar berjalan sesuai dengan target bisnis perseroan dengan lebih baik. 

Ghani berkomitmen akan memastikan transformasi di Perkebunan Nusantara Group berjalan sesuai dengan target, arah dan rencana strategis perusahaan.  

"Kami berharap keputusan ini bisa dijalankan dengan baik untuk mengawal dan mengawasi sejumlah aksi korporasi, sebagai bagian dari pelaksanaan transformasi bisnis yang sudah berjalan dan program kerja di lingkup Holding Perkebunan Nusantara PTPN III," tuturnya. 

Diketahui, sebelum ditunjuk sebagai Komisaris Utama dan Independen Holding Perkebunan Nusantara PTPN III, Zulkifli menjabat sebagai Direktur Utama PLN yang kini diisi Darmawan Prasodjo.

Baca juga: Darmawan Prasodjo Diangkat Sebagai Direktur Utama PLN Gantikan Zulkifli Zaini

Adapun susunan dewan komisaris saat ini, yaitu :

Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen : Zulkifli Zaini

Komisaris Independen : Erwan Pelawi

Komisaris Independen : Amal Bakti Pulungan

Komisaris Independen : Wisto Prihadi

Komisaris : Asep Subarkah Yusuf

Komisaris : Arie Yuriwin

Komisaris: Rini Widyastuti

Komisaris : Indrasari Wisnu Wardhana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat