androidvodic.com

Sandiaga Pastikan Pengembangan Pariwisata di IKN Utamakan Kelestarian Lingkungan - News

Laporan Wartawan News, Dennis Destryawan

News, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memastikan akan mengedepankan kelestarian lingkungan dalam mengembangkan pariwisata di Ibu Kota Negara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Sandiaga menerangkan, IKN Nusantara memiliki pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif. Ia memastikan akan ada perancangan dan skema penganggaran untuk menyiapkan potensi wisata berbasis alam atau eco-tourism.

Baca juga: Sandiaga Uno Siapkan 1.000 Glamping Jelang Perhelatan MotoGP 2022 di Mandalika

"Potensi pariwisata di IKN ada eco-tourism, dan pariwisata berbasis budaya. Yang terbuka adalah peluang-peluang karena ini akan menjadi green capital," ujar Sandiaga saat Weekly Press Briefing Kemenparekraf, Senin (21/2/2022).

Kemenparekraf melakukan pemetaan potensi wisata setelah Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN telah disahkan pada 15 Februari 2022. Rancangan potensi wisata atau blueprint disebut Sandiaga akan selesai dalam tiga bulan ke depan.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno Targetkan 280 Juta Pergerakan Wisatawan Nusantara pada 2022

"IKN kita harus cepat bergerak. Blueprint saya harapkan bisa selesai 2-3 bulan ke depan paling tidak kerangka awal. Kemudian didalami dan dibuat masterplan," tutur Sandiaga.

Ia memastikan dalam menggarap rancangan tersebut akan memerhatikan kelestarian lingkungan di Kalimantan Timur. Konsepnya mengedepankan pariwisata berbasis budaya dan alam.

"Kalimantan Timur ada wisata budaya, alam, buatan manusia berbasis culture dan nature," imbuh Sandiaga.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat