androidvodic.com

Harga Avtur Naik, Citilink: Menambah Beban Operasional Maskapai - News

Laporan Wartawan News, Hari Darmawan

News, JAKARTA - Seiring dengan tingginya harga minyak dunia, harga bahan bakar untuk pesawat yaitu avtur pun ikut melonjak.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama PT Citilink Indonesia Dewa Kadek Rai menyebutkan, pihaknya saat ini masih melakukan analisis dan kajian terkait kenaikan harga avtur tersebut.

"Kami masih melakukan analisis dan kajian mengenai kenaikan harga avtur karena melonjaknya harga minyak dunia," ujar Rai, Kamis (17/3/2022).

Baca juga: Pertamina Prediksi Konsumsi Avtur Naik 300 Persen Selama Penyelenggaraan MotoGP Mandalika

Ia juga menyebutkan, bahwa dengan adanya kenaikan harga avtur tentu saja beban operasional perusahaan mengalami peningkatan.

"Oleh karena itu, Citilink sedang mengkaji berbagai strategi untuk dapat mengatasi kenaikan biaya operasional tersebut," kata Rai.

Rai juga menjelaskan, terkait dengan harga tiket Citilink tetap berkomitmen untuk menyediakan harga tiket yang sesuai dengan range Tarif Batas Atas (TBA) maupun Tarif Batas Bawah (TBB) yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

"Hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Citilink dalam menyediakan kebutuhan transportasi udara untuk menjaga konektivitas Indonesia," ucap Rai.

Sebagai informasi, kenaikan harga avtur ini karena adanya gejolak geopolitik di Eropa Timur, serta tren meningkatnya harga minyak mentah dunia mempengaruhi harga publikasi Mean of Plats Singapore (MOPS) yang mempengaruhi fluktuasi harga avtur.

Harga Minyak Dunia Melonjak, Pertamina Naikkan Harga Avtur

Pertamina Patra Niaga Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) menaikkan harga avtur seiring naiknya harga mentah dunia.

Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga SH C&T, Irto Ginting mengatakan, terjadinya gejolak geopolitik di Eropa Timur, serta tren meningkatnya harga minyak mentah dunia yang mempengaruhi harga publikasi MOPS, maka hal ini turut mempengaruhi fluktuasi harga avtur.

Tercatat harga minyak mentah Brent di minggu ke 2 Maret 2022 berada di angka 117 dolar AS per barel, 24 persen lebih tinggi dibandingkan harga Januari 2022.

Kondisi ini, berdampak pada harga publikasi MOPS di minggu ke 2 Maret 2022 yang mencapai 125 dolar AS per barel, atau naik sekitar 22 persen dibandingkan harga MOPS di awal Januari 2022.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat