androidvodic.com

Setelah Cibatu-Garut, Reaktivasi Jalur Kereta Akan Diperluas ke Wilayah Lain - News

Laporan Wartawan News, Hari Darmawan

News, JAKARTA - Setelah melakukan reaktivasi jalur Kereta Api (KA) Cibatu-Garut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memperluas reaktivasi jalur KA yang sudah lama tidak digunakan di wilayah Jawa Barat.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri mengatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan evaluasi terkait reaktivasi jalur KA yang sudah lama tidak digunakan.

“Meski begitu, ini perlu kajian mendalam terkait reaktivasi jalur KA karena harus melihat kondisi di lapangan dan juga demand yang ada,” kata Zulfikri, Selasa (29/3/2022).

Terkait pengembangan reaktivasi saat ini jalur KA ke Cipatat-Ciranjang-Sukabumi akan diaktifkan kembali.

“Dari Cipatat ke Padalarang ini kita buat jalur baru, karena jalur yang ada memiliki masalah dari kemiringan tanah yang membuat sulitnya mengoperasikan KA,” ujar Zulfikri.

Baca juga: Stasiun Garut Diresmikan: Cibatu-Garut Hidup Kembali

Jalur KA yang sudah lama tidak digunakan, lanjut Zulfikri, ini akan dievaluasi dan juga dikaji mendalam karena jalur tersebut penggunaannya bukan untuk penumpang tapi untuk logistik.

Baca juga: Reaktivasi Jalur KA Garut-Cibatu Diharapkan Bisa Dongkrak Ekonomi Rakyat

“Saat ini demand untuk penumpang, maka perlu dilakukan kajian agar jalur tersebut aman dan bisa dioperasikan KA,” ucap Zulfikri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat