androidvodic.com

Kembangkan UMKM Fesyen, Pulau Intan Lestari Operasikan Gerai Offline Pertama - News

News - Penyedia material kain yang memproduksi benang celup, Pulau Intan Lestari, meresmikan offline store pertama mereka di kawasan Jembatan Tiga, Jakarta.

Hal ini sebagai upaya mendukung perkembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) fashion di Indonesia.

Mengusung konsep well-organized store, gerai ini akan memudahkan dalam memilih material kain yang tepat untuk kebutuhan produksi busana.

"Dalam mendukung UMKM di Indonesia, hal yang paling penting adalah edukasi. Jasa yang kami berikan adalah konsultasi," ujar Merryta, Marketing Director Pulau Intan Lestari, Rabu (30/3/2022).

Dia menjelaskan, pemilihan bahan baku kain relatif sulit. Karena itu pihaknya menawarkan pilihan kepada pelaku UMKM untuk datang langsung ke toko atau walk-in.

"Kami sangat mendukung kemajuan UMKM di Indonesia, salah satunya dengan menghadirkan offline store yang dapat melengkapi semua kebutuhan pelaku UMKM dengan lebih dari 100.000 model material kain berkualitas," kata Merryta.

Baca juga: LPEI Siapkan UMKM Kuliner Tembus Pasar Ekspor 

Bentuk lain dukungan terhadap UMKM, Pulau Intan Lestari menurunkan Minimum Order Quantity (MOQ) yang efisien.

"Demi mendukung keterjangkauan para pelaku UMKM bisnis fashion untuk memperoleh material kain, sehingga para pelaku UMKM dapat menyesuaikan kebutuhan material kain yang sedang dicari," kata dia.

Baca juga: UMKM Fesyen Ini Cari 500 Orang Ilustrator untuk Diajak Kolaborasi

Hal ini juga diharapkan dapat membantu program pemerintah untuk terus mengembangkan UMKM bidang fashion mengingat produk-produknya yang mulai dikenal di pasar dunia.

"Kami membuka Pulau Intan Lestari store agar dapat mengedukasi dan memberdayakan pelaku UMKM Indonesia sehingga dapat bersaing di pasar global," kata Merryta.

"Pengunjung juga bisa melakukan reservasi terlebih dulu dengan mengklik bio kami di akun Instagram pulauintanlestari.store atau menghubungi lewat WhatsApp," ujarnya.

Baca juga: Potensi Pasar Rp158 Triliun, BSI Serius Dukung Industri Fesyen Muslim Indonesia

"Toko offline kami memiliki konsep modern dan sederhana, sehingga memudahkan untuk menemukan material kain sesuai kebutuhan produksi calon pengguna dengan minimum pembelian yang disesuaikan," kata dia.

Chandra Manggih Rahayu, Ketua UKM IKM Nusantara dalam Virtual Press Conference Opening Pulau Intan Lestari Store menuturkan produk dari UMKM bidang fashion menjadi salah satu produk yang paling diminati masyarakat baik dalam negeri maupun luar negeri.

"Beberapa produk UMKM bidang fashion di Indonesia sudah mencapai ranah internasional apalagi dengan adanya program dari pemerintah untuk pengiriman luar negeri. Dari sini diharapkan pelaku UMKM di Indonesia dapat lebih bersaing lagi dengan potensi-potensi yang telah kita capai, serta semua peranan industri fashion termasuk dalam penyedia material kain sudah seharusnya bersama-sama mendukung kemajuan UMKM bidang fashion di Indonesia," katanya.(kps/*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat