androidvodic.com

Tips Bank Indonesia Antisipasi Uang Palsu Saat Lakukan Penukaran - News

Laporan Reporter: Bidara Pink

News, JAKARTA - Setiap akan menjelang Lebaran, sebagian masyarakat Muslim merasa perlu menukarkan uang dengan pecahan rupiah kecil untuk memberikan sedekah Idul Fitri ke anak-anak yang berkunjung ke rumah.

Tren itu mendorong munculnya jasa penukaran uang rupiah musiman dan berisiko membuat masyarakat menerima lembaran rupiah palsu.

Mengantisipasi hal tersebut, Bank Indonesia (BI) mengimbau masyarakat yang ingin menukar uangnya untuk keperluan Lebaran agar menukar uang di tempat yang aman.

Misalnya, dengan menukar uang di kantor Bank Indonesia terdekat maupun perbankan.

Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Pengelolaan Uang Marlison Hakim mengatakan, uang yang ditukarkan ke BI maupun perbankan ini dijamin keasliannya dan tentu saja ini kemudian tidak merugikan masyarakat.

“Apalagi menjelang Lebaran banyak sekali penjaja uang, istilahnya inang-inang. Namun, kami mengimbau masyarakat untuk tukar uang di BI dan perbankan saja karena pasti jumlahnya dan keasliannya,” tutur Marlison dalam Taklimat Media, Senin (4/4) via video conference.

Baca juga: Bank Indonesia Mulai Layani Penukaran Uang Tunai untuk Kebutuhan Lebaran, Tersedia di 5.013 Lokasi

Meski dikhawatirkan menimbulkan risiko, Marlison mengaku BI tak bisa melarang para penjaja uang untuk beroperasi. Namun, dalam hal ini bank sentral melakukan kerja sama dengan pihak terkait untuk pembatasan penjaja uang tersebut.

Selain itu, BI juga sudah menyiapkan layanan untuk penukaran uang menjelang Idul Fitri. Tak tanggung-tanggung, ada dua layanan yang disiapkan oleh otoritas moneter ini.

Baca juga: Jelang Lebaran, BI Kembali Buka Penukaran Uang Keliling, Ada 5.013 Titik

Layanan pertama, penukaran uang di perbankan yang bahkan sudah bisa dimulai per 4 April 2022 hingga 29 April 2022. BI bersinergi dengan perbankan nasional menyiapkan 5.013 titik penukaran di bank di seluruh Indonesia.

Layanan kedua adalah penukaran uang di mobil kas keliling BI yang bisa dilakukan per 4 April 2022. Penukaran ini kembali hadir setelah vakum dua tahun akibat pandemi.

BI juga menyediakan kemudahan bagi masyarakat yang ingin menukarkan di mobil kas keliling BI ini.

Masyarakat tinggal memesan penukaran terlebih dahulu lewat aplikasi PINTAR sebelum ke lokasi, guna menghindari kerumunan.

Sumber: Bank Indonesia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat