androidvodic.com

Tribun Series bareng Kemendag, Intip Strategi Gernas BBI untuk Dorong UMKM Lokal Tembus Global! - News

News, JAKARTA – Pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi dimulai dari pemulihan terhadap sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Inilah mengapa UMKM memiliki peranan penting terhadap perekonomian nasional.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM saat ini mencapai 64,2 juta. Di samping itu, UMKM mampu menyerap 97% dari total tenaga kerja serta menghimpun hingga 60,4% dari total investasi negara.

Selain itu, yang tak kalah menarik, data menunjukan ekonomi dan keuangan syariah serta industri halal merupakan salah satu kebijakan strategis Indonesia dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan penggerak ekonomi global di masa depan.

Sebagai contoh, melansir Indonesia Halal Market Report 2021, ada peluang ekspor sebesar USD 3.58 miliar dari pasar Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dan non-OKI untuk industri makanan halal, fesyen muslim, kosmetik halal dan farmasi halal.

Apalagi dengan fakta bahwa Indonesia menjadi anggota negara G20 sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai strategi UMKM dalam bersaing di pasar global, termasuk mencapai target menjadi pusat industri halal dunia, Tribunnews bersama Kementerian Perdagangan (Kemendag) Republik Indonesia menggelar Tribun Series bertajuk “Laskar UMKM Bangka Belitung Mendunia”.

Webinar yang dipandu oleh host Rizqiani Putri ini menghadirkan sejumlah narasumber seperti Menteri Perdagangan Indonesia Muhammad Lutfi; Deden Muhammad F.S selaku Atase Perdagangan Indonesia di Kuala Lumpur; Duta Besar Indonesia di Mesir Lutfi Rauf; Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Oke Nurwan; Kepala BPJPH Kementerian Agama M. Aqil Irham; dan Perwakilan UMKM dari Bangka Belitung, Bella Kartika Aprilia selaku pemilik UMKM Seplak Belitong dan Vivi Widyana, pemilik UMKM Billiton Spice.

webinar Tribun Series “Laskar UMKM Bangka Belitung Mendunia”
webinar Tribun Series “Laskar UMKM Bangka Belitung Mendunia”

Webinar ini juga akan mengulas bagaimana kondisi UMKM Indonesia terkini, termasuk UMKM di Bangka Belitung, usaha-usaha yang mereka lakukan, serta dukungan pemerintah untuk Go Internasional.

Diharapkan melalui webinar ini, para pelaku UMKM makin bernyali untuk berkreasi, berinovasi dan bergerak maju mengembangkan usaha dan ekonomi Indonesia. Terlebih, pemerintah telah menjalankan sejumlah program dukungan UMKM, salah satunya melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Gernas BBI diluncurkan pemerintah pada tanggal 14 Mei 2020 untuk kian mendorong penguatan pertumbuhan ekonomi nasional melalui penguatan UMKM, termasuk industri kecil dan menengah (IKM).

Beriringan dengan BWI (Bangga Wisata Indonesia), Gernas BBI disiapkan oleh Kementerian Perdagangan untuk mendukung UMKM di Indonesia, tak terkecuali di Bangka Belitung untuk terus maju di kancah nasional dan mampu bersaing secara internasional.

“Produk-produk ini harus menjadi kebanggaan kita, menumbuhkan kepercayaan diri kita sebagai sebuah bangsa. Bangsa yang besar, bangsa yang bangga pada hasil karya bangsanya sendiri. Bangsa yang bangga pada kreativitas dan inovasi,” jelas Presiden Indonesia, Joko Widodo saat meresmikan GERNAS BBI pada 15 Mei 2020 lalu.

Selain memperkenalkan GERNAS BBI, webinar Tribun Series “Laskar UMKM Bangka Belitung Mendunia” juga membahas upaya Kementerian Perdagangan untuk mendorong pertumbuhan UMKM Bangka Belitung, serta tak ketinggalan, mencermati potensi Indonesia menjadi negara pusat produsen produk halal di dunia.

Tunggu apa lagi? Yuk, simak pembahasan lengkap strategi pemerintah untuk membawa UMKM dan industri halal lokal mendunia melalui webinar Tribun Series “Laskar UMKM Bangka Belitung Mendunia”, Rabu, 20 April 2021 pukul 15.00 WIB, live lewat Zoom. Segera daftarkan diri Anda melalui link ini. Tenang, tak dipungut biaya apa pun!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat