androidvodic.com

Axpo Singapore Manfaatkan Infrastruktur Tangki Perta Arun Gas untuk Simpan LNG - News

Laporan Wartawan News, Seno Tri Sulistiyono

News, JAKARTA - PT Perta Arun Gas (PAG) menyediakan fasilitas tangki untuk penyimpanan LNG bagi Axpo Singapore, anak usaha Axpo Group yang merupakan perusahaan energi terbesar di Swiss. 

President Director PAG, Bara Ilmarosa menyatakan, kerja sama ini membuktikan kemampuan PAG berperan aktif dalam pemenuhan kebutuhan energi nasional dan international.

“Kerja sama di sektor Liquified Natural Gas (LNG) storage tank atau LNG Hub ini tentunya mampu menambah revenue bagi perusahaan. Axpo akan menjadi pengguna tanki LNG Hub untuk menyimpan LNG," ujar Bara, Rabu (20/4/2022).

Sehari sebelum kerja sama, PAG melakukan kunjungan kerja ke KBRI Bern, Swiss sebagai perkenalan overview bisnis dan informasi rencana kerja sama bisnis LNG antara PAG dan Axpo Singapore.

“KBRI Bern memberikan dukungan penuh dan kami juga berharap dukungan dari mitra- mitra terkait lain untuk kerja sama sektor pengembangan energi di Swiss,“ ujar Bara.

Baca juga: PGN LNG Kembangkan Energi Transisi yang Sustainable

Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad menilai kerja sama PAG dengan Axpo sangat strategis karena sejalan dengan komitmen Indonesia dan Swiss menuju Climate Neutral 2050, Paris Climate Change Agreement, dan UN Climate Change Conference in Glasgow (COP26) yang diadakan beberapa waktu lalu.

Baca juga: Terminal LNG Benoa Akan Direlokasi untuk Dukung Terminal Yacht dan Program Energi Bersih

“Pengembangan bisnis dan dan investasi Infrastruktur LNG ini kami dukung sesuai cita-cita Indonesia untuk transformasi energi,” ujarnya.

Saat ini PAG mengelola lima kilang atau tangki LNG dengan rincian empat tangki telah beroperasi dan satu tangki akan direvitalisasi. 

Setelah direvitalisasi, tangki tersebut digunakan oleh Axpo untuk durasi 5 tahun sesuai dengan kesepakatan.

Baca juga: Gantikan Gas Rusia, AS dan Uni Eropa Sepakati Pemasokan Gas Cair (LNG)

Luas wilayah PAG keseluruhan yaitu 1.600 hektar di Eks Asset PT Arun LNG dan merupakan bagian dari Kawasan Ekonomi Khusus Arun Lhokseumawe (KEKAL), dengan lokasi strategis di Lhoksumawe, Aceh, dekat dengan Selat Malaka sebagai jalur pelayaran internasional sebagai modal kuat untuk visi Indonesia menjadi pusat LNG Hub Asia pada tahun 2030.

Axpo aktif di pasar LNG global selama lebih dari 12 tahun dan menawarkan pasokan LNG. Permintaan LNG yang fluktuatif dengan harga referensi mampu menciptakan peluang yang optimal dan terstruktur.

Axpo juga menawarkan akses ke para pelanggannya sampai ke pasar gas internasional. Pada 2020, Axpo membuka kantor di Singapura untuk memperkuat perusahaan di pasar LNG Asia yang semakin berkembang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat