androidvodic.com

Kendaraan Membludak, Pemudik Terjebak Macet di Tol Japek Km 47 Pagi Ini - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, KARAWANG - Kemacetan terjadi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Kilometer 47 di Karawang, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022) pagi ini.

Pantauan News di lokasi pukul 09.45 WIB, kendaraan yang didominasi mobil pribadi dan bus mengular hingga satu kilometer di Km 47 Tol Jakarta-Cikampek.

Banyak penumpang yang keluar dari kendaraannya untuk sekedar istirahat dan buang air.

Sampai saat ini, masih banyak kendaraan yang nomor polisinya tidak sesuai dengan tanggal hari ini.

Untuk mengurai kemacetan, pihak kepolisian sendiri bersama pengelola jalan tol melakukan rekayasa lalu lintas buka tutup atau contraflow.

Dari pantauan, contraflow ini diberlakukan hingga Km 65 tol Jakarta-Cikampek.

Kendaraan pemudik terjebak macet di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Kilometer 47 di Karawang, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022) pagi.
Kendaraan pemudik terjebak macet di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Kilometer 47 di Karawang, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022) pagi. (Tribunnews/Abdi Ryanda Shakti)

Puncak mudik Lebaran 2022 diprediksi akan dimulai pada Kamis (28/4/2022). Untuk itu polisi mulai melakukan rekayasa lalu lintas dengan sistem one way hari ini.

Ditektur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyebut sistem itu akan diberlakukan pada pukul 17.00 sampai pukul 24.00 WIB.

"Hari ini akan diberlakukan sistem one way di Tol Jakarta-Cikampek yang dimulai dari KM 47 sampai Tol Kalikangkung, Semarang KM 414," kata Sambodo kepada News, Kamis (28/4/2022).

Baca juga: Antisipasi Macet, Berlaku Contraflow di Tol Jakarta-Cikampek Km 47 Hingga Km 70

Sistem itu akan dibarengi dengan aturan ganjil-genap. Untuk hari ini, kendaraan yang bisa melintas hanya kendaraan yang berpelat nomor genap.

Sambodo menyebut sistem ini untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan pemudik yang akan melalui tol.

Baca juga: Pemudik dari Riau Mendadak Kejang Lalu Meninggal Dunia dalam Bus ALS Saat Berada di Madiun

"Untuk besok dan Sabtu, aturan ini akan mulai diberlakukan mulai pukul 07.00-24.00 WIB. Sedangkan hari Minggu, aturan itu berlaku sampai pukul 12.00 WIB," jelasnya.

Aturan itu, lanjut Sambodo, juga akan diberlakukan pada arus balik mudik Lebaran 2022 yang diprediksi dimulai pada Jumat (6/5/2022).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat