androidvodic.com

Perempuan Mainkan Peran Penting Majukan Dunia Peternakan Sapi - News

Laporan Wartawan News, Eko Sutriyanto 

News, JAKARTA - Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2020 menyatakan, Jawa Tengah dan Yogyakarta menjadi produsen susu segar terbesar ketiga dan keempat di Indonesia.

Volume produksi susu segar dari kedua provinsi mencapai 99,92 ribu ton dan 5,4 ribu ton. Mayoritas peternak didominasi oleh laki-laki dengan usia sudah di atas 50 tahun.

Namun selama ini aktivitas di dunia peternakan selama ini dipandang hanya dilakukan oleh kaum pria saja padahal perempuan bisa berperan lebih dibandingkan pria usaha peternakan.

Ir Puji Astuti M.P, Direktur Akademi Peternakan Karanganyar mengatakan, di usaha peternakan sapi, perempuan dinilai memiliki kelebihan dalam beberapa aspek seperti ketangguhan, rajin, ulet, kuat, teliti dan pantang menyerah.

"Kelebihan ini sangat dibutuhkan untuk menjadi peternak yang unggul," kata webinar yang berjudul “Peran Perempuan dalam Upaya Memajukan Sektor Peternakan Sapi Perah dalam rangka hari Kartini belum lama ini.

Namun saat ini, tantangan bagi para peternak perempuan masih sering dijumpai seperti pendidikan rendah, kesempatan rendah, tugas domestik dan kesempatan untuk totalitas dalam menjadi peternak akibat sulitnya membagi waktu.

Baca juga: Kisah Mita Kopiyah, Peternak Sapi Perah Sukses Asal Tulungagung, Menimba Ilmu Sampai ke Belanda

"Untuk itu dukungan dari berbagai pihak, serta proses dorongan akan transformasi menjadi konsep peternakan yang lebih modern diperlukan dalam menciptakan perempuan peternak yang unggul,” katanya.

Dalam rangka perayaan Hari Kartini, Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia bersama Lembaga Pengembangan Teknologi Pedesaan (LPTP) menyelenggarakan webinar yang berjudul “Peran Perempuan dalam Upaya Memajukan Sektor Peternakan Sapi Perah” yang dilaksanakan secara daring untuk memberikan wawasan bagi masyarakat umum mengenai peran perempuan dalam sektor peternakan.

Baca juga: Tergabung dalam Desa Korporasi Sapi, Peternak Boyolali Siap Suplai Kebutuhan Sapi ke Jabodetabek

Ratih Anggraeni, Head Climate, Water Stewardship, Danone Indonesia di webinar berjudul “Peran Perempuan dalam Upaya Memajukan Sektor Peternakan Sapi Perah” di perayan Hari Partini mengatakan, transformasi dari tradisional ke modern di dunia peternakan membutuhkan kolaborasi oleh berbagai pihak.

"Untuk itu, Danone SN Indonesia bersama LPTP mengembangkan program Regenerasi Peternak Muda yang terfokus di 3 kabupaten yakni Kabupaten Boyolali, Klaten dan Sleman," kata Ratih.

Baca juga: Nestle Belanjakan Rp 1,6 Triliun untuk Serap Susu Segar dari Peternak Lokal

Dia mengatakan, peningkatan kualitas anak bangsa melalui pemenuhan nutrisi seharusnya menjadi tanggung jawab bersama, meski banyak perempuan berdaya yang mampu menjalankan peran ganda selaku ibu/istri di keluarga maupun sebagai peternak.

Adapun peran peternak diperlukan untuk mencukupi produksi susu dalam negeri dan meningkatkan konsumsi susu sebagai sumber protein hewani.

Drh. Sri Rahayu Saddyahsih Nawang Wulan - Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan hewan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman menambahkan, peluang bisa di bidang peternakan saat cukup menggiurkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat