androidvodic.com

Wakil Menteri Perdagangan: Dukung UMKM dengan Percepat Ekosistem Digital - News

News, JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga akan terus mendorong program digitalisasi dalam sistem perdagangan.

Jerry juga mengatakan, digitalisasi harus menjadi hal yang wajib diadopsi para pelaku dunia usaha khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Pasalnya, aktivitas perdagangan berbasis digital akan meningkatan transaksi para pelaku UMKM.

Apalagi, UMKM punya peranan penting sebagai pilar perdagangan ekonomi Indonesia. Menurut data yang ada, lebih kurang 90 persen perekonomian nasional merasakan dampak positif dari berkembanganya UMKM.

Baca juga: Wamendag Tegaskan Kontinuitas Aspek Penting Jaga Persaingan Perdagangan Global

Hal itu disampaikan Wamendag Jerry dalam webinar Tribun Series bertema 'Dengan Bangga Buatan Indonesia, UMKM Bangka Belitung dan Ekonomi Indonesia Bangkit', Rabu (18/5/2022).

"Lapangan kerja yang diciptakan UMKM juga sangat besar, karena itu kita ingin mempercepat ekosistem digitalnyamempercepat ekosistem digitalnya," kata Jerry.

Jerry pun memproyeksikan sebanyak 30 juta UMKM bisa onboarding ke ekosistem digital di tahun 2030. Maka, dari itu, pihaknya akan segera membentuk ekosistem digital yang bisa mendung para UMKM, ke depannya.

Wamendag juga akan mencoba menggandeng market place, perbankan hingga BUMN untuk terus mengembangkan ekosistem digital bagi pelaku UMKM.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga dalam webinar Tribun Series 'Dengan Bangga Buatan Indonesia, UMKM Bangka Belitung dan Ekonomi Indonesia Bangkit', Rabu (18/5/2022).
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga dalam webinar Tribun Series 'Dengan Bangga Buatan Indonesia, UMKM Bangka Belitung dan Ekonomi Indonesia Bangkit', Rabu (18/5/2022). (ist)

"Contohnya seperti warung digital, lalu pelaku uUMKM yang tentunya banyak dilakukan oleh para pedagang lokal. Saya lihat terahir juga para pedagang lokal yang sudah aktif dalam on boarding UMKM digital, program digital dari Kemendag," terangnya.

Berikut peryataan lengkap Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga saat sesi tanya jawab dengan Direktur Pemberitaan Tribunnetwork Febby Mahendra Putra dalam webinar Tribun Series bertema 'Dengan Bangga Buatan Indonesia, UMKM Bangka Belitung dan Ekonomi Indonesia Bangkit'.

Pak Wamen, Bisa dijelaskan kepada kita semua, dari UMKM yang mengikuti acara kita, apa yang akan, sedang dan akan dilakukan oleh Kemedag terutama untuk membantu UMKM tetap survive dan menembus pasar ekspor?

Tadi sudah disampaikan cukup lengkap oleh Pak Wakil Bupati. Kami menambahkan mungkin dari sisi apa yang dilakukan oleh Kemendag selama ini dan juga yang akan datang. Kami banyak fokus mungkin dibeberapa hal yang terkait dengan digitalisasi.

Baca juga: Tahun 2030, Wamendag Proyeksikan 30 Juta UMKM Onboarding ke Ekosistem Digital

Digitalisasi dan juga produk on board yang kita siapkan untuk bisa menambah side up digitalisasi dan juga tentunya menyangkut transaksi dan pelatihan dan pendampingan yang diberikan oleh Kemendag.

Kami menyadari betul bahwa yang namanya digitalisasi salah satu bentuk inovasi dan cara-cara kita melakukan aktifitas perdagangan kedepan. Dan tentunya kita ingin memastikan digitalisasi ini merambah sampai ke UMKM.

Karena kami sadar betul yang namanya UMKM ini kan menjadi salah satu pilar perdagangan dan ekonomi Indonesia. Kurang lebih hampir mencapai 90 persen itu mendapatkan dampak positif dari perdagangan UMKM. karena kenapa, karena bisa penyerapan tenaga kerja dan seterusnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat