androidvodic.com

Kebijakan Pelonggaran Masker Bakal Berdampak pada Sektor Pariwisata Indonesia - News

News, JAKARTA - Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Nailul Huda menilai kebijakan pelonggaran masker hanya berdampak untuk sektor pariwisata.

Animo masyarakat terhadap kegiatan-kegiatan outdoor akan semakin meningkat sehingga memberikan nilai tambah.

"Memang akan meningkatkan animo pariwisata di luar ruangan tapi sejatinya bukan didorong dari pelonggaran masker saja," kata Nailul saat dihubungi Tribun Network, Kamis (19/5/2022).

Baca juga: Indonesia Berpartisipasi di SATTE 2022, Sandiaga Uno: Jaga Eksistensi Pariwisata RI di Asia Selatan

Dia tak memungkiri ketidakwajiban PCR/Antigen masih menjadi faktor utama peningkatan animo pariwisata masyarakat. Menurutnya, yang membuat pemulihan ekonomi meningkat adalah restriksi mobilitas seperti tes swab-antigen atau PCR.

"Pelonggaran masker tidak begitu signifikan dampaknya ke pemulihan ekonomi dan daya beli karena memang faktor pemakaian masker tidak begitu berdampak ke perlambatan ekonomi juga," ujarnya.

Nailul menambahkan adanya kewajiban penggunaan masker atau tidak ada kewajiban, tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perekonomian.

"Jadi ini bukan sebuah kebijakan yang berdampak signifikan," lanjut dia.

Sementara Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah menuturkan pelonggaran masker di ruang terbuka akan berdampak positif ke perekonomian Indonesia.

Baca juga: Pembangunan Politeknik Pariwisata Jawa Tengah Diproyeksi Habiskan Biaya Rp 400 Miliar

"Kalau kebijakan ini berkelanjutan, tidak hanya temporer, sebagai cerminan meredanya pandemi, maka dampaknya akan cukup signifikan ke perekonomian," ucap Piter.

Menurutnya, kebijakan ini akan membangkitkan optimisme dan kepercayaan masyarakat akan meredanya atau bahkan berakhirnya pandemi Covid-19.

"Lebih lanjut confidence itu akan mendorong konsumsi dan investasi sekaligus memicu pertumbuhan ekonomi," tambah Piter. (Tribun Network/nas)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat