androidvodic.com

Pandemi Melandai, Bisnis Waralaba Mulai Kembali Menggeliat - News

Laporan Wartawan News, Eko Sutriyanto 

News, JAKARTA - Sejak pandemi mulai landai, permintaan masyarakat terhadap produk barang dan jasa tertentu melonjak tajam.

Ketua Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) Tri Raharjo mengatakan, fenomena ini membuat para investor tak tinggal diam sehingga membuat bisnis waralaba, lisensi, kemitraan dan peluang usaha ikut menggeliat.

"Ini menjadi peluang investor,franchisor, master franchisee, franchisee, master licensee, licensee, pemilik bisnis, pengusaha, konsultan franchise, konsultan bisnis, asosiasi, komunitas, pemerintahan, media, maupun masyarakat luas pencari peluang bisnis," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (27/5/2022).

Hal ini juga memunculkan para investor baru yang didominasi oleh wiraswasta pemula dari kalangan milenial, pekerja pencari penghasilan tambahan, pelaku UMKM naik kelas, pensiunan pencari kesibukan, ibu rumah tangga, dan seterusnya. 

Geliat ikut mendorong diselenggarakannya pameran bisnis tahunan Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) 2022.

Baca juga: Pameran Lisensi dan Waralaba 2nd Indonesia Local Brands Expo 2021 Dikunjungi 18 Ribu Orang

Tri Raharjo mengatakan, FLEI 2022 digelar untuk memajukan waralaba lokal agar lebih dikenal dunia.

“Sebagai organisasi yang bersentuhan langsung dengan para pengusaha waralaba di seluruh Indonesia dan regional, kami ingin memajukan dan mempromosikan waralaba lokal ke seantero nusantara dan dunia," kata Tri.

Baca juga: Ajang BizFest 2021 Tawarkan 50 Pilihan Peluang Bisnis Lisensi dan Waralaba

FLEI yang sudah menjadi bagian dari rangkaian agenda Franchise Expo untuk membuka peluang bisnis waralaba lokal.

"Harapan kami, para peserta dari luar negeri tertarik untuk membuka waralaba kita di negara asal mereka,” katanya.

Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) 2022 memamerkan lebih dari 200 merek usaha waralaba, lisensi, pendukung usaha retail dan berbagai peluang usaha lainnya dan dibuka pada 3-5 Juni 2022 di JCC Senayan.

Baca juga: Tetap Tumbuh di Masa Pandemi, Industri Waralaba Diprediksi Melesat Pada 2022

Calon pewaralaba bebas mengunjungi stand yang diminati untuk mencari tahu tentang rencana bisnis yang akan dijalani.

Acara diawali dengan paparan pengembangan industri waralaba di Indonesia dilanjutkan dengan sesi keynote yang diisi oleh Kementerian Perdagangan, membahas tren milenial jago bisnis.

Guna menjaring lebih banyak pengusaha waralaba, Kementerian Perdagangan RI juga memfasilitasi sejumlah pelaku usaha binaan untuk ikut serta dalam FLEI 2022.

Pelaku usaha UMKM) juga diajak berpartisipasi di pameran ini.

Acara ini digelar bekerja sama dengan Kamar Dagang & Industri Indonesia dan didukung Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Tahun ini kami menyediakan sejumlah program  dengan tema-tema menarik seputar bisnis waralaba, lisensi dan peluang usaha lainnya. Kami berharap program khusus ini dapat menambah wawasan baru, sekaligus memberikan update terkini seputar dunia waralaba agar dapat menumbuhkan pelaku usaha baru di Indonesia," kata Royanto Handaya, Project Director PT Panorama Media.

Levita G. Supit,  Ketua Komite Tetap Kadin Indonesia bidang Franchise, Lisensi & Networking Marketing berharap acara ini mampu menjembatani para pengusaha untuk membangun kerja sama, bertukar pengetahuan dan melihat peluang bisnis di masa depan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat