androidvodic.com

Shopee akan PHK Massal Karyawan ShopeFood dan ShopeePay, Indonesia Tak Termasuk - News

News - CEO Shopee, Chris Feng, membenarkan perusahaannya akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran di beberapa wilayah.

Mengutip media internasional asal Singapura, The Strait Times , Rabu (15/6/2022), PHK akan dilakukan pada karyawan yang bekerja di bagian ShopeFood dan ShopeePay.

Disebutkan dalam artikel tersebut, bahwa perusahaan situs elektronik komersial yang berkantor pusat di Singapura ini, telah mengatakan kepada para karyawan yang terkena PHK akan diberi kompensasi.

Kendati demikian, hingga saat ini belum ada detail negara-negara Asia Tenggara yang mana yang akan terkena dampak PHK.

Sebagaimana diketahui Shopee memiliki pos terdepan di Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Filipina, dengan kantor pusat regional di Singapura.

Baca juga: Shopee Pastikan PHK Massal Karyawan Tidak Berdampak ke Indonesia

Dikutip dari The Straits Time, dalam memo yang dikirim Senin malam, Chris Feng mengatakan pihaknya telah melakukan penyesuaian dengan pasar.

"Ketidakpastian yang meningkat dalam ekonomi yang lebih luas, kami percaya bahwa adalah bijaksana untuk membuat penyesuaian yang sulit, tetapi penting untuk meningkatkan efisiensi operasional kami dan memfokuskan sumber daya kami," kata Feng.

Feng mengatakan bahwa Shopee bakal mem-PHK sebagian tim mereka yang berada di Meksiko, Argentina, dan Chili, serta tim yang membantu ekspansi Shopee di Spanyol.

Adapun Shopee akan mengakhiri uji coba tahap awal di Spanyol pada 17 Juni mendatang.

PHK ini terjadi setelah Shopee keluar dari pasar Prancis pada bulan Maret, mengakhiri uji coba tahap awal yang serupa di sana.

Baca juga: Ini Kata Orang Prancis yang Kepincut Batik asal Solo di #ShopeeJAVAinPARIS

Seperti diketahui, kabar PHK Shopee ini sendiri mencuat sekitar tiga bulan pasca raksasa e-commerce tersebut hengkang dari pasar India dan Perancis pada Maret lalu.

Shopee dikabarkan hengkang dari India karena ketidakpastian bisnis, serta ketakutan pemerintah atas data warga India yang dikirim ke China.

Meski Shopee melakukan PHK terhadap karyawannya di sejumlah negara, Feng memastikan bahwa operasional Shopee di Meksiko, Argentina, Chili, serta operasional ShopeePay di wilayah Asia Tenggara masih berjalan seperti biasa.

Baca juga: Cerita Shiroshima, Brand Batik Tulis Karya Warga Kulon Progo yang Sukses Tembus Paris Bersama Shopee

“Bisnis kami akan terus beroperasi seperti biasa di Shopee Mexico, Argentina, Cili, serta untuk Shopee Food dan Shopee Pay di Asia Tenggara."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat