androidvodic.com

Zulkifli Hasan Resmi Jadi Menteri Perdagangan, Pedagang Pasar: Welcome to The Jungle - News

Laporan Wartawan News, Seno Tri Sulistiyono

News, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya resmi melantik Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menjadi Menteri Perdagangan, menggantikan Muhammad Lutfi. 

"Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia mengucapkan selamat atau welcome to the jungle kepada Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, dilantik siang ini oleh Presiden Jokowi," kata Ketua Umum DPP IKAPPI, Abdullah Mansuri, Rabu (15/6/2022).

Menurutnya, jabatan menteri perdagangan merupakan pekerjaan yang cukup rumit karena menghadapai persoalan gejolak pangan akhir-akhir ini dan menjelang Idul Adha. 

"Memang ini tidak bisa diselesaikan secara langsung tetapi harapan IKAPPI ada upaya perbaikan, penertiban dan konsolidasi nasional untuk kembali memulihkan ekonomi dalam negeri," papar Abdullah. 

Abdullah meminta agar Zulkifli Hasan sebagai menteri perdagangan yang baru, bersama kementerian terkait memperkuat program-program yang ada untuk keberhasilan pangan nasional.

Baca juga: Profil Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Eks Ketua MPR yang Juga Ketum PAN

"IKAPPI belum bisa banyak berkomentar terhadap Mendag yang baru tetapi kami  ingin menyambut welcome to the jungle kepada pak menteri, belantara hutan ini harus diperbaiki, dirapikan dan satu harapan kami berpihak lah kepada pedagang pasar tradisional, berpihaklah kepada UMKM dan perkuat perdagangan dalam negeri agar tidak tersesat di dalam hutan," ujarnya.

Profil Zulkifli Hasan

Zulkifli Hasan lahir di Lampung Selatan pada 17 Mei 1962. Saat ini dia menjabat sebagai Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN). Dia pernah menjabat Ketua MPR RI pada 2014-2019.

Mengutip dari TribunnewsWiki.com, Zulkifli Hasan menghabiskan masa kecilnya di Lampung dan bersekolah di Jakarta, yaitu SMA 53 Jakarta.

Baca juga: Jokowi Lantik Zulkifli Hasan Sebagai Menteri Perdagangan dan Hadi Tjahjanto Menteri ATR/Kepala BPN

Selepas masa SMA, Zulkifli Hasan kemudian melanjutkan di Universitas Krisnadwipayana sebagai mahasiswa Fakultas Ekonomi.

Sebelum aktif di dunia politik, Zulkifli Hasan tercatat pernah menjabat sebagai presiden direktur dan komisaris di beberapa perusahaan.

Karier

Zulkifli Hasan masuk ke dunia politik dengan bergabung ke PAN. Dia tercatat pernah menjabat sebagai Ketua Departemen Logistik PAN hingga Sekretaris Jenderal PAN (2005-2010).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat