androidvodic.com

Sandiaga Uno: Partisipasi Masyarakat Penting Angkat Keunggulan Desa Wisata - News

Laporan Wartawan News, Reynas Abdila

News, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menekankan pentingnya keterlibatan aktif masyarakat dalam mendukung pengembangan desa wisata.

Menurut Sandiaga Uno, desa wisata dapat mendorong kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja.

"Partisipasi masyarakat sangat penting untuk mengangkat keunggulan desa wisata masing-masing. Masyarakat harus betul-betul sadar wisata dan kesadaran ini akan menjadi bagian dari kekuatan ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Sandiaga Uno dalam kegiatan Sosialisasi Sadar Wisata, dikutip Senin (27/6/2022).

Baca juga: Sambangi Desa Wisata Religi di Mataram, Menparekraf Sandiaga Uno Hadiahkan Sorban ke Kuncen Makam

Sandiaga Uno berharap sosialisasi ini tidak hanya menjadi bukti konkret kehadiran pemerintah dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat. 

Namun sosialisasi diharapkan menjadi momentum pembukaan lapangan kerja seluas-luasnya dan membangkitkan kesadaran masyarakat akan potensi wisata yang ada di daerahnya.

Terlebih, ada sejumlah event besar yang dilaksanakan di Nusa Tenggara Barat seperti MotoGP Mandalika, Pesona Senggigi, dan MXGP Samota, Sumbawa.

"Warga di sini harus betul-betul sadar wisata. Harus betul-betul menjadi bagian dari kekuatan ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif dan nantinya investor akan datang sendirinya membangun homestay bersama warga, membangun produk-produk ekonomi kreatif dan dengan sendirinya kunjungan wisatawan akan meningkat," ungkap Sandiaga.

Sekretaris Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf Adella Raung menyampaikan bahwa peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) merupakan fokus dari program Kampanye Sadar Wisata, dengan kegiatan sosialisasi sebagai salah satu tahapannya.

“Untuk menjawab tantangan yang peluang yang muncul, Kemenparekraf mengakselerasi pemulihan sektor pariwisata yang difokuskan pada peningkatan kapasitas SDM yang dilaksanakan melalui program Kampanye Sadar Wisata,” papar Adella.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno Targetkan Bali Jadi Workcation Bagi Digital Nomad

 
Terkait desa wisata, Adella menjelaskan bahwa desa wisata mempunyai peran penting dalam membangun Indonesia. 

“Desa wisata memiliki potensi besar untuk membangkitkan kembali pariwisata di Indonesia. Kami melihat potensi lapangan pekerjaan yang begitu besar dan peluang usaha yang baik bagi para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat